5 Wujud Kedekatan Bill Gates dan Presiden China Xi Jinping

Sabtu, 17 Juni 2023 - 06:41 WIB
loading...
5 Wujud Kedekatan Bill Gates dan Presiden China Xi Jinping
Bill Gates memiliki kedekatan khusus dengan Presiden China Xi Jinping. Foto/Reuters
A A A
BEIJING - Pendiri Microsoft Bill Gates bukan orang baru bagi Presiden China Xi Jinping. Itu dibuktikan ketika Xi menyebutkan Gates sebagai “teman lama”. Itu menunjukkan mereka memiliki kedekatan personal dan kenegaraan yang sangat intens.

Pengaruh Gates mampu menjadi penyejuk di tengah panasnya hubungan antara Beijing dan Washington. Soft diplomacy yang diusung Gates juga menunjukkan bahwa bisnis, teknologi dan masyarakat harus diutamakan dibandingkan rivalitas untuk menjadi kekuatan superpower.

Berikut adalah 5 kedekatan Bill Gates dan Xi Jinping.

1. Dijamu Langsung Bill Gates

Bill Gates bertemu dengan Presiden China Xi Jinping secara langsung.

Dalam pertemuan yang jarang terjadi antara kepala negara dan pemimpin bisnis asing, Presiden Xi mengatakan kepada Gates bahwa "Anda adalah teman Amerika pertama yang saya temui di Beijing tahun ini."

"Kami selalu menaruh harapan kami pada rakyat Amerika, dan mengharapkan persahabatan yang berkelanjutan antara rakyat kedua negara," tambah Xi.

Itu adalah kunjungan pertama Gates ke negara itu dalam empat tahun terakhir. Gates adalah salah satu dari sedikit pemimpin bisnis Barat pertama yang mengunjungi China sejak negara itu mengakhiri kontrol COVID yang ketat.

2. Memiliki Kedekatan Personal

5 Wujud Kedekatan Bill Gates dan Presiden China Xi Jinping

Foto/Xinhua

Pertemuan terakhir yang dilaporkan antara Xi dan Gates terjadi pada 2015, ketika mereka bertemu di sela-sela forum Boao di provinsi Hainan, China.

Pada awal tahun 2020, Xi menulis surat kepada Gates untuk berterima kasih padanya dan Yayasan Bill & Melinda Gates atas janji bantuan ke China, termasuk USD5 juta untuk perjuangannya melawan COVID-19.

Menariknya Gates juga merupakan figur publik yang diidolakan di negara berpenduduk 1,4 miliar ini. Apa buktinya? Dengan buku-buku yang ditulis Gates dan biografinya yang laris.


3. Tetap Setia dengan China

Xi dan Gates memiliki ketertarikan yang sama dalam kebangkitan global kecerdasan buatan (AI).

Xi Jinping menyambut baik perusahaan AS termasuk Microsoft yang membawa teknologi AI mereka ke China. Microsoft juga akan mengembangkan bisnis di China.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1109 seconds (0.1#10.140)