5 Wujud Kedekatan Bill Gates dan Presiden China Xi Jinping

Sabtu, 17 Juni 2023 - 06:41 WIB
loading...
5 Wujud Kedekatan Bill Gates dan Presiden China Xi Jinping
Bill Gates memiliki kedekatan khusus dengan Presiden China Xi Jinping. Foto/Reuters
A A A
BEIJING - Pendiri Microsoft Bill Gates bukan orang baru bagi Presiden China Xi Jinping. Itu dibuktikan ketika Xi menyebutkan Gates sebagai “teman lama”. Itu menunjukkan mereka memiliki kedekatan personal dan kenegaraan yang sangat intens.

Pengaruh Gates mampu menjadi penyejuk di tengah panasnya hubungan antara Beijing dan Washington. Soft diplomacy yang diusung Gates juga menunjukkan bahwa bisnis, teknologi dan masyarakat harus diutamakan dibandingkan rivalitas untuk menjadi kekuatan superpower.

Berikut adalah 5 kedekatan Bill Gates dan Xi Jinping.

1. Dijamu Langsung Bill Gates

Bill Gates bertemu dengan Presiden China Xi Jinping secara langsung.

Dalam pertemuan yang jarang terjadi antara kepala negara dan pemimpin bisnis asing, Presiden Xi mengatakan kepada Gates bahwa "Anda adalah teman Amerika pertama yang saya temui di Beijing tahun ini."

"Kami selalu menaruh harapan kami pada rakyat Amerika, dan mengharapkan persahabatan yang berkelanjutan antara rakyat kedua negara," tambah Xi.

Itu adalah kunjungan pertama Gates ke negara itu dalam empat tahun terakhir. Gates adalah salah satu dari sedikit pemimpin bisnis Barat pertama yang mengunjungi China sejak negara itu mengakhiri kontrol COVID yang ketat.

2. Memiliki Kedekatan Personal

5 Wujud Kedekatan Bill Gates dan Presiden China Xi Jinping

Foto/Xinhua

Pertemuan terakhir yang dilaporkan antara Xi dan Gates terjadi pada 2015, ketika mereka bertemu di sela-sela forum Boao di provinsi Hainan, China.

Pada awal tahun 2020, Xi menulis surat kepada Gates untuk berterima kasih padanya dan Yayasan Bill & Melinda Gates atas janji bantuan ke China, termasuk USD5 juta untuk perjuangannya melawan COVID-19.

Menariknya Gates juga merupakan figur publik yang diidolakan di negara berpenduduk 1,4 miliar ini. Apa buktinya? Dengan buku-buku yang ditulis Gates dan biografinya yang laris.


3. Tetap Setia dengan China

Xi dan Gates memiliki ketertarikan yang sama dalam kebangkitan global kecerdasan buatan (AI).

Xi Jinping menyambut baik perusahaan AS termasuk Microsoft yang membawa teknologi AI mereka ke China. Microsoft juga akan mengembangkan bisnis di China.

Gates adalah salah satu pemimpin bisnis asing utama yang telah berhasil menembus China.

Microsoft satu-satunya raksasa teknologi Barat yang mempertahankan kehadirannya di sana sementara yang lain telah ditutup. Perusahaan tersebut telah memiliki laboratorium penelitian yang sangat berpengaruh di negara ini selama beberapa dekade.

Microsoft hadir di China pada 1992 dan membuka pusat penelitian dan pengembangan terbesarnya di luar Amerika Serikat. Sekarang mempekerjakan sekitar 6.200 orang di China.

Sistem operasi Windows yang ada di mana-mana digunakan di sebagian besar komputer di China—meskipun Beijing menjanjikan dalam beberapa tahun terakhir untuk mengembangkan sistem operasinya sendiri. Kesuksesan perusahaan memiliki kelemahan, karena perangkat lunaknya dibajak secara luas.

Pasar China yang penting, yang sangat membatasi bagi perusahaan asing, menunjukkan penurunan di lautan bisnis Microsoft, terhitung hampir 1,8% dari omzetnya.

Bing Microsoft adalah salah satu dari sedikit mesin pencari asing yang beroperasi di China—walaupun jauh di belakang pesaing lokalnya Baidu dan Sogou, yang mendominasi pasar.

"Hubungan Microsoft di China seketat yang didapat dalam hal kehadiran dan pengaruh perusahaan teknologi Amerika di China," Nina Xiang, pakar teknologi dan modal ventura China, dan pendiri perusahaan pemantauan intelijen buatan yang berbasis di Hong Kong, China Money Network, kepada FOX Business. "Ini bukan yang paling bergantung pada China dalam hal pendapatan, tetapi Microsoft telah menjadi semacam panutan inspirasional untuk kancah teknologi China sejak hari pertama."

Menggunakan pengaruh dengan Beijing selama hampir tiga dekade telah menjadi pusat keberhasilannya di negara yang dikontrol ketat. Tidak seperti perusahaan teknologi besar AS lainnya yang menolak untuk mengikuti aturan, perusahaan yang berkantor pusat di Washington telah berhasil menemukan solusi dengan menyumbang sekitar 10% dari perkiraan pendapatan tahunan Microsoft sebesar USD125 miliar.


4. Membantu China Melawan Malaria dan Tuberkolosis

Yayasan Bill dan Melinda Gates mengatakan akan memberikan $50 juta (€45 juta) untuk mendukung upaya China memerangi malaria dan tuberkulosis.

Institut Penemuan Obat Kesehatan Global (GHDDI) adalah kelompok berbasis di Beijing yang didirikan oleh Bill Gates, pemerintah kota Beijing dan Universitas Tsinghua.

The Gates Foundation telah mengumumkan akan memperbarui kerjasamanya dengan GHDDI.

Tujuannya adalah untuk membantu meningkatkan hasil kesehatan di seluruh dunia melalui terapi penyelamat hidup untuk penyakit menular seperti tuberkulosis dan malaria, yang secara tidak proporsional mempengaruhi orang termiskin di dunia.

“China telah membuat kemajuan signifikan dalam mengurangi kemiskinan dan meningkatkan hasil kesehatan di China,” puji Gates.

"Saya berharap China dapat memainkan peran yang lebih besar dalam mengatasi tantangan saat ini, terutama yang dihadapi negara-negara Afrika," tambahnya.

5. Memosisikan Diri Sebagai Soft Diplomacy.

Pertemuan antara Xi dan Gates terjadi menjelang kunjungan yang diharapkan ke China oleh Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken.

Bukan hanya Gates yang mengusung soft diplomacy, sebelumnya Jamie Dimon, CEO JPMorgan Chase dan Elon Musk dari Tesla mengunjungi China bulan lalu.

Musk yang memiliki bisnis luas di China, bertemu dengan pejabat di Beijing dan anggota staf Tesla di pinggiran Shanghai.

CEO Apple Tim Cook menghabiskan waktu di Beijing pada bulan Maret dan mengatakan bahwa perusahaannya menikmati hubungan "simbiosis" dengan China.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2010 seconds (0.1#10.140)