Rusia Ungkap Kerugian Besar Ukraina dalam Serangan Balasan

Kamis, 15 Juni 2023 - 15:45 WIB
loading...
Rusia Ungkap Kerugian Besar Ukraina dalam Serangan Balasan
Penampakan tank Ukraina yang hancur di medan perang. Foto/sputnik
A A A
MOSKOW - Ukraina telah kehilangan beberapa ribu tentara sejak meluncurkan serangan balasan yang sangat dinantikan awal bulan ini. Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia mengungkapkan hal itu pada Rabu (14/6/2023).

Kemhan Rusia mengatakan pasukan Kiev telah menderita sekitar 7.500 tewas atau terluka, dengan penghitungan hanya termasuk anggota layanan di garis depan.

Jumlah tersebut tidak termasuk korban yang terkena rudal presisi tinggi Rusia dan serangan udara lebih dalam ke wilayah Ukraina.

Perkiraan kerugian mencakup periode dari 4 Juni, ketika Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan telah memukul mundur serangan besar-besaran Ukraina di sepanjang lima bagian garis depan di Donbass.

Sejak itu, pasukan Kiev telah berusaha menyerbu posisi Rusia pada banyak kesempatan, namun gagal mendapatkan wilayah, menurut Moskow.



Kemhan Rusia menambahkan dalam 24 jam terakhir, pasukan Rusia telah memukul mundur dua serangan Ukraina di dekat permukiman Makarovka di sektor selatan garis depan.

Serangan itu melibatkan dua kompi infanteri bermotor Ukraina, empat tank dan 11 kendaraan lapis baja, menurut kementerian.

Ditambahkan bahwa masing-masing tank telah dihancurkan, bersama dengan tujuh kendaraan.

“Serangan Ukraina lainnya di permukiman tetangga Prechistovka juga gagal, dengan pasukan Kiev kehilangan lima tank dan lima kendaraan lapis baja,” ungkap Kemhan Rusia.

Menurut pejabat Kemhan Rusia, total kerugian Ukraina di bagian selatan Wilayah Donetsk dan Zaporozhye selama 24 jam terakhir berjumlah lebih dari 800 tentara, 20 tank, 15 kendaraan lapis baja, empat pengangkut personel lapis baja, dan perangkat keras militer lainnya.

Selain itu, pasukan Rusia melakukan serangan besar-besaran presisi tinggi, jarak jauh di area perakitan cadangan Ukraina dan tentara bayaran asing, serta di gudang militer yang menyimpan peralatan yang dipasok asing.

“Semua target yang ditentukan telah tercapai,” ungkap Kemhan Rusia.

Berbicara kepada koresponden perang di Kremlin pada Selasa, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pasukan Ukraina "mengambil banyak korban," yang dia klaim lebih besar dari Rusia dengan faktor sepuluh.

Pemimpin Rusia itu juga mengatakan Ukraina telah kehilangan hingga 30% dari peralatan militer yang dikirim Barat.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1701 seconds (0.1#10.140)