Rusia Suplai Belarusia dengan Nuklir yang Lebih Kuat dari Bom Atom

Rabu, 14 Juni 2023 - 21:25 WIB
loading...
Rusia Suplai Belarusia dengan Nuklir yang Lebih Kuat dari Bom Atom
Rusia Suplai Belarusia dengan Nuklir yang Lebih Kuat dari Bom Atom. FOTO/Reuters
A A A
MINSK - Presiden Belarusia Alexander Lukashenko mengatakan, negaranya telah mulai menerima pengiriman senjata nuklir taktis Rusia . Menurut Lukashenko, beberapa di antaranya tiga kali lebih kuat daripada bom atom yang dijatuhkan Amerika Serikat di Hiroshima dan Nagasaki pada tahun 1945.

Pengerahan tersebut adalah langkah pertama Moskow mengerahkan hulu ledak semacam itu, sejak jatuhnya Uni Soviet.



"Kami memiliki rudal dan bom yang kami terima dari Rusia," kata Lukashenko dalam sebuah wawancara dengan saluran TV Rusia Rossiya-1 yang diposting di saluran Telegram kantor berita Belarusia Belta.

"Bom itu tiga kali lebih kuat daripada yang (dijatuhkan) di Hiroshima dan Nagasaki," lanjut Lukashenko, yang berbicara di sebuah jalan di hutan terbuka dengan kendaraan militer yang diparkir di dekatnya dan semacam fasilitas penyimpanan militer terlihat di latar belakang.

Sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, bahwa Rusia, yang akan mempertahankan kendali atas senjata nuklir taktis, akan mulai mengerahkannya di Belarusia, setelah fasilitas penyimpanan khusus untuk menampungnya disiapkan.

Lukashenko, sekutu dekat Putin, mengatakan kepada TV pemerintah Rusia dalam wawancara, yang dirilis Selasa malam, bahwa negaranya memiliki banyak fasilitas penyimpanan nuklir yang tersisa dari era Soviet dan telah memulihkan lima atau enam di antaranya.



Dia mengecilkan gagasan bahwa kendali Rusia atas senjata merupakan penghalang untuk menggunakannya dengan cepat, jika dia merasa langkah seperti itu diperlukan. Lukashenko mengatakan, dia dan Putin dapat saling mengangkat telepon "kapan saja".

Sebelumnya pada hari Selasa, dia telah mengatakan secara terpisah bahwa senjata nuklir taktis Rusia akan dikerahkan secara fisik di wilayah Belarus "dalam beberapa hari" dan bahwa dia memiliki fasilitas untuk menampung rudal jarak jauh juga jika diperlukan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1080 seconds (0.1#10.140)