Jika Diserang, Belarusia Tidak Akan Ragu Gunakan Nuklir

Rabu, 14 Juni 2023 - 06:14 WIB
loading...
Jika Diserang, Belarusia Tidak Akan Ragu Gunakan Nuklir
Presiden Alexander Lukashenko mengatakan bahwa senjata nuklir taktis Rusia akan dikerahkan di Belarusia dalam beberapa hari. Foto/Ilustrasi
A A A
MINSK - Media pemerintah Belarusia melaporkan Presiden Alexander Lukashenko mengatakan bahwa senjata nuklir taktis Rusia akan dikerahkan di Belarusia dalam beberapa hari.

Lukashenko mengatakan bahwa Minsk siap menjadi tuan rumah senjata, beberapa hari setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan senjata itu akan dikerahkan pada 7-8 Juli.

“Semuanya sudah siap. Saya pikir kami akan mendapatkan apa yang kami minta dalam beberapa hari, dan bahkan sedikit lagi,” katanya dalam komentar yang dikutip oleh kantor berita Belta seperti dikutip dari Al Jazeera, Rabu (14/6/2023).

Lukashenko memperingatkan dia tidak akan ragu untuk menggunakan senjata itu sebagai tanggapan terhadap calon agresor.



"Mengapa kita membutuhkan mereka? Untuk memastikan tidak ada satu pun tentara asing yang menginjakkan kaki di tanah Belarusia lagi,” tegasnya.

“Tuhan melarang saya harus membuat keputusan untuk menggunakan senjata ini. Tapi tidak akan ada keraguan jika terjadi agresi terhadap kami,” ucapnya.

Ini menandai pertama kalinya sejak jatuhnya Uni Soviet bahwa Moskow telah memindahkan hulu ledak ke luar negeri.

Putin menyebut perang di Ukraina sebagai pertempuran antara keselamatan Rusia dan aliansi NATO yang berkembang serta mengatakan bahwa Barat memompa senjata ke Ukraina dalam perang proksi dengan Moskow.

Pada bulan Maret, ia mengumumkan keputusan untuk memindahkan senjata ke Belarusia, landasan peluncuran untuk operasi militer khusus Moskow, menunjuk pada penyebaran senjata Amerika Serikat (AS) di negara-negara Eropa sebagai pembenaran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1280 seconds (0.1#10.140)