Trump Akan Hadir di Pengadilan Florida dalam Kasus Dokumen Rahasia

Selasa, 13 Juni 2023 - 23:21 WIB
loading...
Trump Akan Hadir di Pengadilan Florida dalam Kasus Dokumen Rahasia
Eks presiden AS Donald Trump akan hadir di pengadilan Florida dalam kasus dokumen rahasia. Foto/Rappler
A A A
WASHINGTON - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump , akan hadir di pengadilan federal Miami di tengah peningkatan keamanan dan aksi protes yang diantisipasi. Trump akan menghadapi tuduhan bahwa ia menyesatkan penyelidik dan salah menangani dokumen rahasia negara.

Trump (76) dijadwalkan akan menghadap hakim pada Selasa (13/6/2023) pada pukul 3 sore waktu setempat. Ia akan diadili bersama rekan dan ajudannya yang juga menjadi terdakwa, Walt Nauta (40), seperti dilansir dari NBC.

Trump pekan lalu didakwa 37 tuduhan kejahatan federal, termasuk penyimpanan informasi pertahanan nasional yang disengaja, membuat pernyataan serta representasi palsu, dan konspirasi untuk menghalangi keadilan.

Menurut sebuah sumber mantan presiden, yang berjuang untuk menemukan pengacara lokal setelah dua anggota tim hukumnya mengundurkan diri pada Jumat lalu, dalam penampilan pertamanya akan diwakili oleh pengacara Todd Blanche. Belum jelas apakah tim hukum Trump akan menyertakan pengacara lain.

Trump membantah melakukan kesalahan dan menyatakan dia berhak atas dokumen tersebut. Dia mengatakan penuntutan itu bermotivasi politik dan bersumpah untuk membalas Presiden Joe Biden jika terpilih kembali.

"Sekarang 'segelnya' telah dibuka," tulis Trump dengan huruf kapital semua dalam sebuah postingan di Truth Social, platform media sosialnya.

"Saya akan menunjuk seorang 'jaksa' khusus untuk mengejar presiden paling korup dalam sejarah AS, Joe Biden," sambungnya.



Trump diperkirakan tidak akan memberikan komentar publik di gedung pengadilan, dan dia dijadwalkan untuk menyampaikan pidato di tanah miliknya di Bedminster, New Jersey, pada Selasa malam waktu setempat. Acara tersebut awalnya direncanakan sebagai penggalangan dana pribadi untuk ulang tahunnya yang ke-77, yaitu pada hari Rabu.

Kepala Polisi Miami Manny Morales pada hari Senin mengatakan bahwa kota itu bersiap untuk kemungkinan ribuan pengunjuk rasa di gedung pengadilan dan telah berkoordinasi dengan mitra federal, negara bagian dan lokal untuk memastikan mereka tidak hanya bisa menjaga perdamaian dan ketertiban tetapi juga kemampuan demonstran untuk mengekspresikan diri mereka dan hak Amandemen Pertama mereka.

Ratusan penonton, jurnalis, dan aktivis berkumpul di luar gedung pengadilan, tetapi hanya 20 orang yang diizinkan memasuki ruangan untuk penampilan Trump.

Surat dakwaan mengatakan bahwa klaim Trump atas dokumen tersebut berakhir saat dia meninggalkan jabatannya tetapi dia dengan sengaja menyimpan dokumen rahasia dan dokumen rahasia lainnya, dalam beberapa kasus selama lebih dari satu setengah tahun setelah dia meninggalkan jabatannya. Dakwaan itu menuduh bahwa Trump menyimpan banyak dokumen rahasia bahkan setelah dia dipukul dengan panggilan pengadilan untuk mengembalikan dokumen tersebut dan dia menyesatkan pengacaranya untuk percaya bahwa dokumen-dokumen tersebut telah dikembalikan.

"Dokumen-dokumen tersebut mencakup informasi mengenai pertahanan dan kemampuan persenjataan baik AS maupun negara asing; program nuklir Amerika Serikat; potensi kerentanan Amerika Serikat dan sekutunya terhadap serangan militer; dan rencana untuk kemungkinan pembalasan sebagai tanggapan atas serangan asing," kata dakwaan tersebut.

Dia juga memperlakukan informasi itu dengan tidak peduli - kadang-kadang menyimpannya di atas panggung di ruang dansa di resor Florida-nya dan di kamar mandi di sebelah toilet, menurut arsip pengadilan.

"Selama periode Trump menyimpan dokumen di sekitar resort Mar-a-Lago miliknya di Palm Beach, klub tersebut menyelenggarakan lebih dari 150 acara sosial, termasuk pernikahan, pemutaran perdana film, dan penggalangan dana yang bersama-sama menarik puluhan ribu tamu," bunyi dakwaan tersebut.

Dakwaan itu juga membantah klaim Trump bahwa dokumen-dokumen itu diamankan oleh detail Dinas Rahasianya, menuduh agen tidak tahu dokumen itu ada di sana.



"Trump tidak memberi tahu Secret Service bahwa dia menyimpan kotak berisi dokumen rahasia di Klub Mar-a-Lago," kata jaksa penuntut.

Pengajuan pengadilan tidak menjelaskan bagaimana jaksa mengetahui hal itu. Sumber yang mengetahui masalah tersebut mengatakan pekan lalu bahwa penyelidik telah menanyai sekitar dua lusin agen Dinas Rahasia.

Apapun, catatan pengarsipan, agensi tidak bertanggung jawab untuk melindungi kotak Trump atau isinya.

Surat dakwaan tersebut mengatakan pengungkapan beberapa isi dokumen dapat membahayakan keamanan nasional Amerika Serikat, hubungan luar negeri, keselamatan militer Amerika Serikat dan sumber daya manusia, serta kelangsungan metode pengumpulan intelijen yang sensitif.

Nauta ditugasi membantu Trump menyembunyikan dokumen dan berbohong kepada penyelidik tentang keterlibatannya dengan dan pengetahuan tentang kotak dan isinya.

Pengacara Nauta, Stan Woodward, menolak mengomentari tuduhan terhadap kliennya, yang merupakan pelayan militer di Gedung Putih Trump.

Ahli hukum yang memimpin persidangan hari Selasa, Hakim John Goodman, tidak akan mengawasi kasus tersebut dalam persidangan. Pejabat pengadilan mengatakan kasus tersebut telah diserahkan kepada Hakim Distrik AS Aileen Cannon, yang tahun lalu menghentikan sementara pemeriksaan FBI terhadap dokumen yang telah ditemukan di Mar-a-Lago.

Putusannya dibatalkan oleh panel hakim pengadilan banding yang menyarankan Cannon telah mencoba untuk mengukir pengecualian yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam hukum AS untuk mantan presiden.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1612 seconds (0.1#10.140)