Jaksa Ungkap 37 Dakwaan terhadap Trump, Ini Rinciannya

Minggu, 11 Juni 2023 - 05:01 WIB
loading...
Jaksa Ungkap 37 Dakwaan terhadap Trump, Ini Rinciannya
Mantan Presiden AS Donald Trump. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah didakwa dengan 37 dakwaan pidana.

Berbagai dakwaan itu antara lain dia dengan sengaja menyimpan dokumen rahasia setelah meninggalkan jabatannya, bersekongkol untuk mencegahnya dikembalikan ke otoritas federal dan menunjukkan rahasia negara kepada orang lain.

Berbagai dakwaan itu dibuka pada Jumat (9/6/2023), merinci tuduhan pemerintah terhadap mantan panglima tertinggi itu.

CNN dan media AS lainnya pertama kali melaporkan dakwaan tersebut pada Kamis. Laporan saat itu mengatakan Trump menghadapi tujuh dakwaan. Dia dijadwalkan akan diadili di Miami pada Selasa.

Dakwaan federal yang bersejarah, yang pertama terhadap mantan presiden AS, memperdalam perpecahan politik Amerika pada saat Trump melakukan polling sebagai kandidat teratas untuk pencalonan presiden 2024 dari Partai Republik.

Partai Republik menuduh Presiden Joe Biden mempersenjatai sistem hukum untuk mengalahkan saingan politik utamanya menuju pemilu presiden tahun depan.

Terungkap pada Januari bahwa Biden telah menyimpan dokumen rahasia secara tidak benar di berbagai lokasi, termasuk garasi di rumahnya di Delaware, selama bertahun-tahun.

“Hari ini benar-benar hari yang kelam bagi Amerika Serikat,” tegas Ketua DPR AS Kevin McCarthy, pejabat tinggi Partai Republik di Kongres.



Dia memperingatkan, “Tidak masuk akal bagi seorang presiden untuk mendakwa kandidat utama yang menentangnya. Joe Biden menyimpan dokumen rahasia selama beberapa dekade. Saya dan setiap orang Amerika lainnya yang percaya pada supremasi hukum mendukung Presiden Trump melawan ketidakadilan yang parah ini.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1141 seconds (0.1#10.140)