Ukraina Disebut Hanya Maju Sedikit tapi Rugi Besar dalam Serangan Balasan

Selasa, 13 Juni 2023 - 18:01 WIB
loading...
Ukraina Disebut Hanya Maju Sedikit tapi Rugi Besar dalam Serangan Balasan
Anggota militer Ukraina mengendarai pengangkut personel lapis baja M113, dekat garis depan kota Bakhmut, Donetsk, 9 Juni 2023. Foto/REUTERS/Viacheslav Ratynskyi
A A A
KIEV - Pasukan Ukraina telah membuat kemajuan signifikan pertama mereka setelah sepekan pertempuran di front selatan, menurut tabloid Jerman Bild pada Senin (12/6/2023).

Bild mencatat, perebutan lima desa kecil yang dilaporkan telah terjadi dengan kerugian besar pada lapis baja Ukraina yang disediakan Barat.

“Pada hari kedelapan serangan balik Ukraina, front Rusia di selatan negara itu mulai menunjukkan keretakan,” ujar reporter Bild Julian Roepcke dalam pembaruan video tentang pertempuran tersebut.

Dia menambahkan, “Bagian depan pertama di Donetsk di timur telah runtuh sejak kemarin.”

Roepcke yang berada di garda depan pro-Ukraina yang melaporkan di tabloid tersebut, mengutip sumber-sumber militer di Kiev untuk mengklaim kemajuan beberapa kilometer ke wilayah yang dikuasai Rusia.

Namun, pada Senin malam waktu setempat, analis militer Ukraina melaporkan pertempuran sengit di dua desa yang seharusnya "dibebaskan" pada hari sebelumnya.



Kiev hanya mengerahkan lima dari 25 brigade yang telah disiapkan untuk operasi itu, menurut Roepcke. “Sekitar 40.000 tentara masih ditahan sebagai cadangan,” ungkap dia.

Klaim kemajuan Ukraina datang bahkan ketika media "intelijen sumber terbuka" (OSINT) pro-Ukraina yang paling bersemangat pun mengakui kerugian besar dari lapis baja dan peralatan yang dipasok Barat dalam pertempuran di front Zaporozhye.

“Brigade ke-47 tentara Ukraina telah kehilangan tujuh tank Leopard 2 dan 17 kendaraan tempur infanteri Bradley hanya dalam lima hari, tanpa mencapai kesuksesan nyata di selatan Orekhov,” ungkap laporan Oryx, “OSINT” yang berbasis di Belanda.

Kelompok itu sering dikritik karena menggelembungkan perkiraan kerugian Rusia dan mengecilkan kerugian Ukraina. Roepcke mengutipnya dalam laporan videonya.

“Bradleys yang hancur atau rusak dan terbengkalai menyumbang sekitar 15% dari 109 unit yang dipasok AS ke Ukraina,” papar Jakub Janovsky dari Oryx kepada CNN.

Aktivis tersebut mengungkapkan harapan sebagian besar kendaraan dapat ditemukan dan diperbaiki jika pasukan Ukraina berhasil merebut daerah tersebut.

Pasukan Ukraina meluncurkan "serangan balasan musim semi" yang banyak digembar-gemborkan pada awal Juni.

Kiev mengirim tank dan kendaraan lapis baja ke garis pertahanan Rusia di wilayah Zaporozhye dan Donetsk.

Ukraina menghabiskan beberapa hari bersikeras untuk diam sepenuhnya, sampai bukti video menunjukkan bangkai tank buatan Jerman dan kendaraan lapis baja buatan AS setelah serangan yang gagal di Zaporozhye.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1077 seconds (0.1#10.140)