6 Pemicu Kegagalan Operasi Balasan Ukraina ke Rusia

Selasa, 13 Juni 2023 - 13:08 WIB
loading...
A A A
"Dengan operasi mereka, orang-orang Ukraina berusaha untuk memainkan permainan cangkang ini, permainan tiga kartu ini, di mana mereka mencoba menggunakan kejutan dan penipuan untuk membuat Rusia berkomitmen untuk mempertahankan bagian tertentu dari teater dengan mengorbankan orang lain," analis Institute for the Study of War (ISW) George Barros mengatakan kepada Foreign Policy.

Barros mengatakan, upaya utama Ukraina yang sebenarnya dimaksudkan, kapan pun itu datang, akan menyerang sesuatu yang lain. "Yang lain telah melakukan pengamatan serupa saat operasi serangan balasan berlanjut," katanya.

5. Perlahan, Tapi Belum Pasti

"Kami belum mengirimkan pasukan utama kami," sebuah sumber di Staf Umum Ukraina mengatakan kepada The Economist Sunday, menambahkan bahwa "Rusia belum mengerahkan pasukan utama mereka."

Dia mengatakan pasukan Ukraina dan Rusia sedang memainkan "permainan catur" yang bertujuan untuk menarik musuh, khususnya pasukan cadangan yang diperlukan untuk mempertahankan pertempuran.


6. Mengandalkan Tank Bantuan

6 Pemicu Kegagalan Operasi Balasan Ukraina ke Rusia

Foto/Reuters

Militer Ukraina tampaknya telah membentuk puluhan brigade serangan balik, sekitar sembilan di antaranya dilengkapi dengan senjata Barat. "Mereka tampaknya hanya melakukan sebagian dari pasukan cadangan besar yang tersedia untuk operasi serangan balik," demikian keterangan ISW.

Pengamat ahli memperkirakan, pengerahan kendaraan lapis baja berat Barat akan menjadi tanda bahwa serangan balasan telah dimulai, dan sebagian besar terbukti benar.

Serangan utama, menurut seorang mantan jenderal Angkatan Darat AS, kemungkinan juga akan dapat diidentifikasi oleh kendaraan lapis baja.

Pensiunan Letnan Jenderal Ben Hodges, mantan panglima Angkatan Darat AS Eropa, menulis dalam artikel Sunday Center for European Policy Analysis bahwa "ada perbedaan besar antara memulai serangan" dan "serangan utama". "Serangan jelas telah dimulai, tapi menurutku bukan serangan utamanya," kata Hodges.

Dia mengatakan dia mencurigai serangan kuat oleh setidaknya tiga brigade lapis baja yang terdiri dari ratusan kendaraan lapis baja, dari tank ke kendaraan tempur infanteri hingga pengangkut pasukan.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1889 seconds (0.1#10.140)