Prancis Peringatkan Iran: Berhenti Pasok Drone Tempur ke Rusia!

Minggu, 11 Juni 2023 - 07:22 WIB
loading...
Prancis Peringatkan Iran: Berhenti Pasok Drone Tempur ke Rusia!
Presiden Prancis Emmanuel Macron memperingatkan Iran untuk berhenti memasok drone tempur ke Rusia yang digunakan dalam invasi ke Ukraina. Foto/REUTERS/Pascal Rossignol/Pool
A A A
PARIS - Pemerintah Prancis memperingatkan Iran untuk segera berhenti memasok drone tempur ke Rusia yang digunakan dalam invasi ke Ukraina.

Menurut pernyataan Istana Elysee, peringatan tersebut disampaikan Presiden Prancis Emmanuel Macron kepada Presiden Iran Ebrahim Raisi melalui panggilan telepon.

"Macron dalam panggilan telepon menggarisbawahi konsekuensi keamanan dan kemanusiaan yang serius dari pengiriman drone Iran dan mendesak Teheran untuk segera mengakhiri dukungan yang diberikannya untuk perang agresi Rusia melawan Ukraina," bunyi pernyataan tersebut, seperti dikutip AFP, Minggu (11/6/2023).



Peringatan Prancis muncul sehari setelah juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan Rusia menerima bahan dari Iran untuk membangun pabrik drone di wilayahnya yang dapat beroperasi penuh awal tahun depan.

Amerika Serikat mengatakan bahwa Rusia telah menerima ratusan drone tempur dari Iran untuk menyerang Kyiv dan meneror warga Ukraina, tuduhan yang dibantah oleh Teheran.

"Drone dibuat di Iran, dikirim melintasi Laut Kaspia dan kemudian digunakan secara operasional oleh pasukan Rusia melawan Ukraina," kata Kirby.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0959 seconds (0.1#10.140)