10 Ibu Kota Teraneh di Dunia, Nomor 9 Padukan Nuansa Modern dan Margasatwa

Rabu, 31 Mei 2023 - 13:54 WIB
loading...
A A A
Meskipun demikian, Ngerulmud memang berperan sebagai pusat kegiatan pemerintah Palau. Kota ini tersebut menjadi rumah bagi cabang legislatif dan yudikatif negara serta berbagai kantor pemerintah, menjadikannya ibu kota yang berfungsi, jika tidak mungkin.

4. Astana, Kazakhstan

Untuk ibu kota yang berbeda dari yang lain, mungkin ingin mengunjungi Astana, Kazakhstan. Lagi pula, di mana lagi Anda akan melihat arsitektur zaman luar angkasa yang luar biasa indah seperti Istana Perdamaian dan Rekonsiliasi dan Pusat Hiburan Khan Shatyr.

Sejarah ibu kota Kazakh juga menambah keanehan. Astana hanyalah sebuah kota kecil, tetapi, pada paruh kedua abad ke-20, Astana mengalami transformasi yang cepat dan menjadi ibu kota negara pada 1997. Perubahan cepat ini telah memberikan karakter yang berbeda pada kota tersebut.

Iklim ekstrem Astana juga bisa dibilang menjadikannya salah satu ibu kota yang paling aneh. Intinya, musim panas sangat terik, sedangkan musim dingin sangat dingin, dan kontras ekstrim ini membuat Astana menjadi tempat yang menantang untuk ditinggali. Tapi, ini juga kota yang penuh kejutan dan petualangan.

5. Naypyidaw, Myanmar

10 Ibu Kota Teraneh di Dunia, Nomor 9 Padukan Nuansa Modern dan Margasatwa

Foto/Reuters

Naypyidaw, ibu kota Myanmar, dianggap sebagai kota yang aneh karena beberapa alasan. Pertama, Naypyidaw merupakan ibu kota yang relatif baru, yang secara resmi dinyatakan sebagai ibu kota pada 2005. Perubahan ibu kota yang tiba-tiba ini tidak biasa, dan kota itu sendiri memiliki kesan steril dan artifisial, karena sengaja dibangun untuk menjadi ibu kota.

Faktor lain yang berkontribusi pada keanehan Naypyidaw adalah lokasinya. Kota ini terletak di bagian terpencil dan pedesaan. Itu jauh dari pusat populasi penduduk Myanmar. Hal ini membuat kota ini sulit untuk menarik bisnis dan orang, dan memiliki perasaan yang agak menakutkan dan sepi dibandingkan dengan ibu kota lainnya.

Terakhir, tata letak dan desain kota juga aneh dan unik. Kota ini dipenuhi dengan jalan-jalan yang lebar dan kosong, dan gedung-gedung pemerintah yang besar dan luas. Itu menimbulkan kesan kota yang terencana dan memiliki tujuan, tetapi kota yang tidak sepenuhnya ditinggali.

6. Kinshasa, Republik Demokratik Kongo dan Brazzaville, Kongo

Kinshasa yang terletak di dekat perbatasan Republik Demokratik Kongo adalah kota yang menonjol karena keanehannya. Sebagai salah satu kota terbesar di Afrika, Kinshasa dikenal dengan suasananya yang ramai dan kacau, dengan orang, mobil, dan aktivitas memenuhi jalanan.

Hal yang sama dapat dikatakan tentang Brazzaville, yang, meskipun berpenduduk lima kali lebih sedikit dari Kinshasa, masih merupakan kota yang penting. Kedua kota ini memiliki perbedaan sosial yang sangat besar, dengan gedung-gedung tinggi modern yang berdampingan dengan daerah kumuh yang luas.

Namun, yang membuat keduanya aneh adalah kedekatan keduanya. Kinshasa dan Brazzaville menempati tepi seberang sungai Kongo, tepat di seberang satu sama lain. Tidak ada ibu kota besar lain di dunia yang memiliki hubungan sedekat itu, dan ini membuat mereka menjadi kota yang mempesona.

7. Brasilia, Brasil

10 Ibu Kota Teraneh di Dunia, Nomor 9 Padukan Nuansa Modern dan Margasatwa

Foto/Reuters

Tidak pernah jauh dari kontroversi, ibu kota Brasil, Brasilia, merupakan kota yang aneh. Meskipun relatif baru dan dibangun pada 1950-an sebagai ibu kota baru negara. Brasilia memiliki tata letak dan desain perkotaan yang sangat menarik.

Jalan kota dirancang sedemikian rupa sehingga dari atas berpola berbentuk burung. Itu didesain oleh arsitek terkenal Oscar Niemeyer. Kota itu memiliki memiliki gaya modernis dengan lekukan dan bentuk yang sebagian besar tidak seperti tempat lain di Brasil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1800 seconds (0.1#10.140)