10 Ibu Kota Teraneh di Dunia, Nomor 9 Padukan Nuansa Modern dan Margasatwa

Rabu, 31 Mei 2023 - 13:54 WIB
loading...
10 Ibu Kota Teraneh di Dunia, Nomor 9 Padukan Nuansa Modern dan Margasatwa
Nairobi, ibu kota Kenya, memiliki konsep memadukan perkotaan dan kebun binatang. Foto/Reuters
A A A
KAIRO - Ibu kota menjadi jantung suatu negara. Itu menjadi kota yang merepresentasikan budaya dan kepribadian unik suatu negara melalui arsitektur, adat istiadat, dan cara hidupnya. Hanya saja, banyak ibu kota suatu negara kok justru aneh.

Aneh yang didiskusikan adalah pengembangan ibu kota baik konsep hingga tata letak kotanya. Faktor cuaca yang ekstrim hingga kondisi geografis juga menjadi pertimbangan.

Keanehan suatu ibu kota juga akan dirasakan bagi siapa saja yang akan berkunjung. Keanehan itu tentunya karena adanya suatu hal yang ganjil bagi siapapun yang berkunjung.

Berikut adalah 10 ibu kota suatu negara yang tergolong aneh versi newspire.


1. Ashgabat, Turkmenistan

10 Ibu Kota Teraneh di Dunia, Nomor 9 Padukan Nuansa Modern dan Margasatwa

Foto/Reuters

Ibu kota teraneh di dunia adalah ibu kota Turkmenistan, Ashgabat. Kota di Asia tengah ini terkenal dengan arsitekturnya yang unik, dengan bangunan yang terbuat dari marmer putih dan dihiasi dengan kubah emas. Itu menjadikan Ashgabat sebagai kota yang seperti ada di dongeng. Itu juga yang membedakan Ashgabat dengan ibu kota lainnya.

Selain arsitekturnya yang menawan, Ashgabat bisa dianggap aneh menurut standar Barat karena peraturan dan aturannya yang ketat. Kota ini memiliki aturan berpakaian yang ketat dan larangan aktivitas tertentu, seperti mengunyah permen karet dan memainkan musik keras. Namun, peraturan itu menjadikan Ashgabat memiliki lingkungan yang terkendali dan teratur.

Aspek lain yang menambah keanehan kota ini adalah kurangnya lalu lintas. Tidak seperti kota ramai lainnya, Ashgabat membatasi jumlah mobil di jalan. Apa akibatnya? Jalanan ibu kota juga sangat sepi. Bahkan, kesunyian yang mencekam di malam hari. Ini jelas merupakan pengalaman unik dan aneh bagi pengunjung.

2. Plymouth, Montserrat

Plymouth, ibu kota de jure Montserrat, dapat disebut sebagai ibu kota yang aneh karena keadaannya yang terbengkalai. Sebab, kota itu dihancurkan oleh letusan gunung berapi dari gunung berapi Soufrière Hills di dekatnya. Sebagian besar ibu kota tersebut tetap tidak dapat dihuni.

Selain itu, lokasi Plymouth yang berada di sisi gunung berapi aktif menambah keanehannya. Gunung berapi Soufrière Hills masih bisa meletus dari waktu ke waktu, dan hal ini menyebabkan hujan abu dan aktivitas vulkanik lainnya di dalam dan sekitar kota.

Namun, meski terbengkalai dan terletak di dekat gunung berapi aktif, Plymouth tetap menjadi tujuan wisata yang menarik. Pengunjung dapat menjelajahi reruntuhan kota dan belajar tentang sejarah vulkanik di pulau itu. Perpaduan unik antara bencana alam dan sejarah ini menjadikan Plymouth tempat yang benar-benar aneh dan tak terlupakan.

3.Ngerulmud, Palau

Ketika memikirkan ibu kota, sebaiknya memikirkannya sebagai pusat aktivitas manusia yang ramai, bukan?

Nah, Anda mungkin harus menilai kembali keyakinan ini dalam kasus di ibu kota Palau, Ngerulmud. Ngerulmud merupakan kota yang aneh karena beberapa alasan, tetapi salah satu yang utama adalah bahwa ini adalah salah satu ibu kota terkecil di dunia, dengan populasi hanya sekitar 500 orang.

Faktor penyebab keanehan ini lainnya adalah lokasi Ngerulmud di pulau terpencil Babeldaob. Babeldaob merupakan pulau terbesar di Palau, tetapi penduduknya jarang, dan Ngerulmud adalah satu-satunya kota di pulau itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1825 seconds (0.1#10.140)