8 Presiden Terlama Berkuasa, Erdogan Berapa Tahun?

Rabu, 31 Mei 2023 - 12:30 WIB
loading...
8 Presiden Terlama Berkuasa, Erdogan Berapa Tahun?
Recep Tayyip Erdogan menjadi salah satu presiden terlama berkuasa di dunia. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Sistem demokrasi juga memberikan kesempatan bagi seorang presiden untuk berkuasa dalam jangka waktu yang lama. Itu dikarenakan sistem demokrasi berdasarkan hukum dan konstitusi yang dibuat oleh pemerintah yang berkuasa.

Apalagi, banyak negara juga tidak memberlakukan pembatasan masa jabatan presiden sehingga membuat pemimpin bisa berkuasa dalam waktu yang lama. Selain itu, masyarakat yang menginginkan stabilitas politik dan ekonomi juga mendukung pemimpin tersebut.

Berikut adalah 8 presiden terlama berkuasa dan masih memimpin aktif di negaranya.




1. Presiden Ekuatorial Guinea Teodoro Obiang Nguema Mbasogo

8 Presiden Terlama Berkuasa, Erdogan Berapa Tahun?

Foto/Reuters

Presiden Guinea Teodoro Obiang Nguema Mbasogo memegang rekor dunia untuk waktu berkuasa sebagai kepala negara. Dia masih hidup dan sehat. Negaranya juga bukan monarki, tetapi republik.

Melansir africanews, berkuasa sejak 1979, Obiang terpilih kembali di negara minyak Afrika Tengah yang dia kuasai dengan tangan besi dan menghadapi oposisi yang diberangus. Dengan lebih dari 43 tahun memimpin, Obiang memegang rekor sebagai kepala negara terlama di luar monarki.

Pada November 2022, Mbasogo, 81, memperoleh hampir 95% suara. "Hasilnya membuktikan kami benar lagi," kata Wakil Presiden Teodoro Nguema Obiang Mangue, putra presiden. "Kami terus menjadi pesta yang hebat."

Beberapa kandidat oposisi mencalonkan diri, tetapi tidak ada yang diharapkan menang. Presiden Obiang memiliki cengkeraman kuat di negara Afrika tengah yang kaya minyak itu, dengan anggota keluarga dalam peran kunci pemerintah.

Dia merebut kekuasaan pada tahun 1979 setelah militer mengambil alih dan selamat dari beberapa upaya kudeta. Setelah mendapatkan jabatan dari pendahulunya dan pamannya, Francisco Macias Nguema, dia melakukan beberapa reformasi tetapi mempertahankan kendali mutlak Nguema atas negara.

Oposisi politik nyaris tidak ditoleransi dan sangat terhambat oleh kurangnya kebebasan pers, karena semua media penyiaran dimiliki langsung oleh pemerintah atau dikendalikan oleh sekutunya.

2. Presiden Rusia Vladimir Putin

8 Presiden Terlama Berkuasa, Erdogan Berapa Tahun?

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1113 seconds (0.1#10.140)