Jenderal Ceko: Rusia Berada di Jalur untuk Konflik dengan NATO

Rabu, 31 Mei 2023 - 04:12 WIB
loading...
Jenderal Ceko: Rusia Berada di Jalur untuk Konflik dengan NATO
Rusia disebut berada pada jalur untuk konflik langsung dengan NATO. Foto/Doha Institute
A A A
BRUSSELS - Komandan Republik Ceko mengatakan skenario terburuk perang antara NATO dengan Rusia mungkin saja terjadi karena jurang antara dunia Barat dan Moskow semakin lebar di tengah perang Kremlin di Ukraina.

Kepala Staf Umum angkatan bersenjata Ceko, Jenderal Karel Rehka, dalam sebuah konferensi di parlemen negara itu mengatakan bahwa militer NATO harus melakukan tugas penting untuk mempersiapkan konflik langsung dengan Moskow, seperti dilaporkkan kantor berita Ceko iROZHLAS.

"Kami memandang perang antara Rusia dan Aliansi Atlantik Utara sebagai skenario terburuk, tapi bukan tidak mungkin," kata Rehka.

"Itu mungkin, Rusia saat ini berada di jalur menuju konflik dengan Aliansi," imbuhnya seperti dikutip dari Newsweek, Rabu (31/5/2023).

Rehka kemudian memberi tahu kantor berita Seznam Zprávy: "Saya pasti tidak menginginkan perang", menggambarkan kemungkinan konflik dengan Rusia sebagai "skenario paling gelap".

"Tidak ada yang mau sama sekali, tapi bukan tidak mungkin," tambahnya.

"Penting untuk berhenti mengatakan bahwa ini tidak mungkin, karena ini sangat mungkin. Itu bisa terjadi dan perlu untuk mempersiapkannya dalam jangka panjang," ujarnya.

"Tapi itu tidak berarti bahwa Rusia menginginkannya atau merencanakannya," kata Rehka.



"Tentu saja tidak sekarang, sama seperti kita tidak menginginkannya. Semua orang tahu itu akan menjadi sebuah tragedi," ia menambahkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1859 seconds (0.1#10.140)