Putin Terancam Ditangkap, Afsel Beri Kekebalan Diplomatik untuk Para Pemimpin BRICS

Selasa, 30 Mei 2023 - 23:14 WIB
loading...
A A A
Beberapa mengatakan kata-kata ini memberi Afsel kesempatan untuk mengundang Putin dan tidak berkewajiban untuk menangkapnya.

Pertikaian serupa terjadi pada 2005 ketika presiden Sudan saat itu Omar al-Bashir datang ke Afsel. Dia dengan cepat meninggalkan negara itu karena semakin besar kemungkinan pengadilan tinggi Afsel akan memutuskan bahwa dia harus ditangkap.



Rusia telah meningkatkan upayanya untuk meningkatkan hubungan dengan Afrika untuk membantu mengimbangi dinginnya hubungan dengan barat yang dipicu oleh invasinya ke Ukraina, dan berencana untuk mengadakan pertemuan puncak Afrika-Rusia di St Petersburg pada bulan Juli.

Belum jelas apakah Putin bersedia menyelamatkan Afsel dari dilema diplomatik dengan tidak hadir secara langsung. Kremlin pada hari Selasa mengatakan bahwa Rusia akan mengambil bagian pada "tingkat yang tepat". Menteri luar negeri, Sergei Lavrov, sudah dijadwalkan untuk menghadiri rapat perencanaan.

Kelompok negara berkembang besar BRICS semakin dilihat sebagai saingan kelompok G7 negara industri barat.

Ditanya pada jumpa pers reguler tentang kemungkinan surat perintah penangkapan, juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan: "Tentu saja kami menganggap sebagai negara mitra dalam format penting yang tidak dipandu oleh keputusan ilegal semacam itu."

Afsel telah dituduh bersikap netral atas invasi Rusia ke Ukraina. Kedutaan Amerika Serikat (AS) baru-baru ini mengklaim Afsel telah mengirim senjata ke Rusia. Dukungan untuk Rusia di dalam ANC yang berkuasa kuat karena peran Uni Soviet dalam menentang kolonialisme.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1216 seconds (0.1#10.140)