Negara NATO Tuduh Ikan Paus Terkenal Ini Mata-mata Rusia

Sabtu, 27 Mei 2023 - 07:41 WIB
loading...
Negara NATO Tuduh Ikan Paus Terkenal Ini Mata-mata Rusia
Negara NATO menuduh ikan paus beluga yang terkenal ini sebagai mata-mata Rusia. Foto/Jorgen Ree Wiig/Sea Surveillance Service via REUTERS
A A A
OSLO - Norwegia, salah satu negara NATO, menuduh ikan paus beluga yang terkenal dengan julukan Hvaldimir sebagai mata-mata Rusia.

Direktorat Perikanan Norwegia telah memperingatkan pengunjung pantai untuk menghindari kontak dengan mamalia laut tersebut.

Peringatan itu muncul sebagai respons atas perjalanan ikan paus ke daerah padat penduduk, menempatkannya pada risiko cedera atau kematian yang jauh lebih besar.

Paus yang dijuluki Hvaldimir ini menjadi terkenal pada 2019 setelah terlihat mengenakan baju zirah yang dibuat khusus dengan tunggangan untuk kamera. Peralatan itulah yang membuat Norwegia menuduhnya sebagai mata-mata Rusia.



Saat pertama kali ditemukan, paus itu berenang ke arah perahu dan berusaha secara aktif menarik perhatian manusia dengan menarik tali dari sisi perahu.

Orang-orang menemukannya mengenakan baju ketat yang mungkin digunakan untuk mengikat kamera atau senjata—tidak ada dalam kasus ini. "Property of St. Petersburg" tertulis di baju zirah.

Martin Biuw dari Institute of Marine Research di Norwegia mengatakan pada saat itu Angkatan Laut Rusia, bukan akademi Rusia, yang kemungkinan besar melatih paus sedemikian rupa.

Program pelatihan militer Soviet untuk lumba-lumba beroperasi dari tahun 1980 hingga 1990-an. Namun pada tahun 2017, televisi Rusia menayangkan program yang mengumumkan bahwa Angkatan Laut Rusia sedang melatih paus beluga, anjing laut, dan lumba-lumba hidung botol.

"Sejak 2019, Hvaldimir telah melakukan perjalanan di sepanjang pantai Norwegia," kata Direktorat Perikanan Norwegia, seperti dikutip dari Jerusalem Post, Sabtu (27/5/2023).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1198 seconds (0.1#10.140)