Upayakan Denuklirisasi Korut, Korsel Cari Dukungan ke Afrika

Jum'at, 27 Mei 2016 - 20:41 WIB
Upayakan Denuklirisasi Korut, Korsel Cari Dukungan ke Afrika
Upayakan Denuklirisasi Korut, Korsel Cari Dukungan ke Afrika
A A A
ADDIS ABABA - Presiden Korea Selatan (Korsel), Park Geun-hye, mendesak para pemimpin Afrika untuk mendukung upaya internasional untuk denuklirisasi negara tetangganya, Korea Utara (Korut).

Berbicara kepada anggota Uni Afirka di ibukota Ethiopia, Addis Ababa, Presiden Korsel mengatakan, ia ingin Afrika bekerjasama dalam mendesak Korut untuk menghentikan program nuklirnya.

Presiden Geun-hye juga mengatakan pemerintahnya akan bekerjasama dengan negara-negara Afrika untuk memerangi kekerasan kelompok ekstrimisme, seperti dikutip dari laman ABC News, Jumat (27/5/2016).

Ia pun menawarkan negaranya untuk menjadi "pendamping Afrika" dalam hal pengembangan dan menyajikan cetak biru hubungan Afrika dan Korsel dan berharap dapat meningkatkan perdagangan, pendidikan, dan kerjasama budaya.

Kunjungan Park Geun-hye ke Uni Afrika adalah yang pertama untuk pemimpin Korsel. Ia tiba di Ethiophia pada Rabu lalu dan bertemu dengan Perdana Menteri Ethiopia Hailemariam Desalegn. Dia juga dijadwalkan untuk mengunjungi Uganda dan Kenya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3799 seconds (0.1#10.140)