Perjalanan Karier Erdogan, Presiden Turki yang Menjabat Selama Tiga Periode

Senin, 29 Mei 2023 - 17:17 WIB
loading...
A A A
Setelah lepas dari kurungan penjara, dia kembali ke dunia politik. Namun partainya telah dilarang karena melanggar prinsip-prinsip sekuler yang ketat dari negara Turki Modern.

Pada Agustus 2001, ia pun mendirikan partai baru bernama Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang berakar pada Islam dengan sekutu Abdullah Gul.

Di tahun 2002, AKP memenangkan mayoritas dalam pemilihan parlemen dan Erdogan pun diangkat menjadi perdana menteri.

Selama tiga periode dirinya menjadi seorang perdana menteri, Erdogan dinilai sebagai pemimpin yang otoriter dan secara nyata meningkatkan kekuasaannya.

Hal itu dibuktikan dengan ia memenjarakan beberapa militer senior yang berencana menggulingkan AKP pada tahun 2013.

Setelah mencapai batas masa jabatannya sebagai perdana menteri, Erdogan kemudian menjadi kandidat AKP dalam pemilihan presiden langsung pertama Turki pada tahun 2014.

Atas kerja kerasnya, ia pun terpilih menjadi Presiden ke-12 dengan perolehan suara sebanyak 52% suara.

Seperti mengulang posisinya sebagai perdana menteri, Erdogan pun berhasil mempertahankan kekuasaannya sebagai Presiden Turki hingga pada tahun 2028 mendatang.

Kemenangan Erdogan sebenarnya banyak yang tidak menyangka dan bahkan sebagian besar lembaga survei telah mengunggulkan nama Kemal Kilicdaroglu. Namun karena cengkeraman Erdogan yang sangat kuat membuatnya sulit untuk disingkirkan.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1597 seconds (0.1#10.140)