10 Negara Terbaik bagi Wanita untuk Bekerja di Luar Negeri, Nomor 10 Tetangga Indonesia

Senin, 29 Mei 2023 - 12:36 WIB
loading...
10 Negara Terbaik bagi Wanita untuk Bekerja di Luar Negeri, Nomor 10 Tetangga Indonesia
Bekerja di luar negeri menjadi pilihan terbaik bagi banyak perempuan untuk membangun karier yang lebih baik. Foto/Reuters
A A A
SYDNEY - Tak ada istilah memalukan bagi perempuan untuk bekerja di luar negeri. Asalkan menjadi pekerja profesional, maka bekerja di luar negeri menjadi pilihan terbaik untuk masa depan. Apalagi sudah banyak negara yang memberikan fasilitas bagi pekerja perempuan asing.

Bekerja di luar negeri bagi sebagian perempuan bisa menjadi solusi ketika terjebak dengan karier yang stagnan dan ingin mencari tantangan baru. Bermigrasi ke luar negeri bisa meningkatkan karier dan memberikan jaminan akan kebahagiaan dan kemapanan.

Namun demikian, keputusan untuk pindah ke luar negeri dan meninggalkan teman dan keluarga untuk mengejar impian karier seringkali bisa menjadi keputusan yang sulit. Seperti survei Expat Insider 2018, hanya seperempat wanita ekspatriat (25%) yang menyebutkan alasan terkait karier mereka sebagai motivasi utama mereka untuk pindah ke luar negeri, dibandingkan dengan hampir dua dari lima pria (38%). Bahkan, proporsi perempuan yang lebih tinggi (28%) pindah ke luar negeri karena alasan yang berkaitan dengan hubungan mereka, memberikan cinta atau pekerjaan/pendidikan pasangan mereka sebagai motivasi utama mereka untuk pindah.

Berikut adalah 10 negara terbaik yang memberikan kesempatan peningkatan karier bagi pekerja perempuan asing.



1. Republik Ceko

Dengan jaminan pekerjaan dan prospek karier yang bagus, Republik Ceko memiliki banyak hal untuk ditawarkan. Ekspatriat wanita menempatkan Republik Ceko sebagai negara terbaik untuk bekerja di luar negeri. Hal ini tentu saja tercermin dalam tingkat kepuasan di kalangan ekspatriat wanita: lebih dari empat dari lima (83%) secara umum senang dengan pekerjaan mereka. Terlebih lagi, hampir delapan dari sepuluh (78%) merasa puas dengan keamanan pekerjaan mereka.

Pindah ke Republik Ceko juga dapat meningkatkan prospek karier , dengan lebih dari tujuh dari sepuluh wanita ekspatriat (73%) menilai mereka secara positif, dibandingkan dengan hanya enam dari sepuluh pria (63%).

Melansir InterNation, seorang wanita dari Ukraina mengungkapkan, sangat menghargai ketersediaan pekerjaan di pasar lowongan kerja. Namun, bagi wanita yang ingin pindah ke luar negeri untuk mendapatkan gaji yang lebih baik, Republik Ceko mungkin bukan tujuan terbaik. Kurang dari dua dari lima wanita ekspatriat yang bekerja di Republik Ceko (38%) berpenghasilan lebih dari apa yang mereka dapatkan di posisi yang sama di rumah, dibandingkan dengan 50% dari semua wanita yang bekerja di luar negeri.

2.Bahrain

Sangat mudah untuk melihat mengapa wanita ekspatriat menilai Negara Teluk yang kecil itu sangat positif dalam hal kehidupan kerja mereka. Hampir dua pertiga (66%) senang dengan prospek karier mereka.

Demikian pula, negara ini juga menawarkan perempuan keseimbangan kehidupan kerja yang baik, dengan lebih dari tiga dari empat ekspatriat perempuan di Bahrain (76%) menilai faktor ini menguntungkan. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak wanita ekspatriat (88%) umumnya senang dengan pekerjaan mereka di Bahrain.

3.Taiwan

10 Negara Terbaik bagi Wanita untuk Bekerja di Luar Negeri, Nomor 10 Tetangga Indonesia

Foto/Reuters

Taiwan menempati peringkat ketiga sebagai negara terbaik bagi wanita untuk bekerja di luar negeri. Wanita ekspatriat dapat mengharapkan jam kerja yang baik, dengan 72% menilai mereka secara positif. Mereka juga menikmati prospek karier yang bagus, dengan sekitar dua dari tiga (66%) mengungkapkan kepuasan mereka.

Misalnya, seorang wanita ekspatriat dari Filipina bahkan menyatakan bahwa hal favoritnya tentang tinggal di Taiwan adalah betapa mudahnya mencari pekerjaan di sini. Sektor pendidikan juga menyediakan sebagian besar peluang yang tersedia bagi perempuan ekspatriat, dengan hampir enam dari sepuluh (58%) bekerja di bidang ini.

4. Norwegia

Negara-negara Skandinavia terkenal sebagai salah satu negara terbaik untuk hidup sebagai seorang wanita. Faktanya, Norwegia menempati urutan kedua dalam laporan World Economic Forum Global Gender Gap, meskipun kalah dari Islandia.

Wanita asing di Norwegia menilai jam kerja mereka sangat tinggi, dan 86% senang dengan jam kerja mereka. Faktanya, rata-rata jam kerja penuh waktu seminggu di antara wanita di Norwegia mencapai 41,4 jam, lebih dari satu jam lebih sedikit dari rata-rata global untuk wanita ekspatriat (42,7 jam).



5. Denmark

Dalam hal keseimbangan kehidupan kerja yang baik, tidak akan salah dengan Denmark. Denmark memiliki keseimbangan kehidupan kerja terbaik di dunia.

Seorang wanita Iran menyebutkan “jam kerja yang fleksibel” di antara hal favoritnya tentang kehidupan di Denmark. Faktanya, lebih dari separuh ekspatriat wanita (54%) di Denmark benar-benar puas dengan jam kerja mereka.

6. Luksemburg

Luksemburg merupakan tujuan yang menarik bagi perempuan yang mencari posisi bergaji tinggi. Lebih dari tiga perempat wanita ekspatriat yang bekerja di Luxembourg (76%) berpenghasilan lebih banyak daripada yang mereka dapatkan di posisi yang sama di negara asal.

Bagi seorang ekspatriat wanita dari Jerman, fakta bahwa “pekerjaannya bergaji tinggi” bahkan merupakan salah satu hal terbaik tentang kehidupan di Luksemburg. Gaji tinggi yang dinikmati ekspatriat perempuan di Luksemburg mungkin disebabkan oleh fakta bahwa hampir tiga dari sepuluh perempuan (29%) bekerja di sektor keuangan.

7. Selandia Baru

Selandia Baru mungkin tidak dikenal karena kehidupan kerjanya yang menyenangkan. Tetapi wanita ekspatriat menempatkan Selandia di antara 10 tujuan teratas untuk bekerja di luar negeri.

Keseimbangan kehidupan kerja yang baik tampaknya memainkan peran utama dalam kepuasan mereka bekerja di Selandia Baru. . Namun, bagi wanita yang mencari prospek karier yang lebih baik, mungkin Selandia Baru harus dihindari: hanya sekitar separuh wanita ekspatriat (51%) yang puas dengan faktor ini, dibandingkan dengan tujuh dari sepuluh pria (70%).

8. Belanda

10 Negara Terbaik bagi Wanita untuk Bekerja di Luar Negeri, Nomor 10 Tetangga Indonesia

Foto/Reuters

Sebagian besar wanita ekspatriat di Belanda (92%) senang dengan ekonomi lokal yang terus tumbuh. Mungkin iklim ekonomi yang kuat juga berarti ada banyak peluang karier bagi perempuan ekspatriat. Hampir enam dari sepuluh (58%) senang dengan prospek karier mereka di Belanda. Sektor populer untuk wanita ekspatriat termasuk periklanan dan pemasaran dan komunikasi, yang menyumbang 11% dari wanita ekspatriat.

9. Malta

Pindah ke pulau Malta yang cerah bisa menjadi hal yang bagus untuk karier wanita. Hampir enam dari sepuluh wanita ekspatriat (58%) puas dengan prospek karir mereka. Banyak perempuan ekspatriat (17%) berhasil mendapatkan pekerjaan di sektor keuangan.

Namun, bukan hanya prospek karir yang membuat Malta menjadi tujuan yang menarik bagi para wanita. Sekitar dua pertiga ekspatriat perempuan yang tinggal di Malta (66%) senang dengan keamanan kerja mereka, dan bagian yang sama menilai kepuasan kerja mereka secara keseluruhan secara positif.

10. Australia

10 Negara Terbaik bagi Wanita untuk Bekerja di Luar Negeri, Nomor 10 Tetangga Indonesia

Foto/Reuters

Tiga dari lima wanita ekspatriat mengatakan bahwa mereka mendapatkan lebih banyak penghasilan di Australia daripada di posisi yang sama di negara asal mereka. Tujuan ekspatriat yang populer juga menawarkan keseimbangan kehidupan kerja di atas rata-rata dunia. Seorang wanita ekspatriat dari Swiss menunjukkan bahwa "keseimbangan kehidupan kerja dan cuacanya luar biasa" di Australia.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1263 seconds (0.1#10.140)