Polisi Belanda Tangkap 1.500 Aktivis Lingkungan

Minggu, 28 Mei 2023 - 07:51 WIB
loading...
Polisi Belanda Tangkap 1.500 Aktivis Lingkungan
Polisi Belanda tangkap 1.500 aktivis lingkungan. Foto/Straits Times
A A A
AMSTERDAM - Pihak kepolisian Belanda menangkap 1.500 aktivis lingkungan yang melakukan aksi protes terhadap subsidi bahan bakar fosil. Dalam aksinya, para aktivis memblokir bagian dari jalan raya di pusat kota.

Polisi mengatakan mereka telah menggunakan meriam air untuk membubarkan aktivis yang memblokir jalan utama di kota itu, dan menangkap total 1.579 orang di mana 40 di antaranya akan diadili atas tuduhan termasuk vandalisme.

"Salah satu aktivis menggigit seorang polisi selama penangkapannya," kata pihak kepolisian seperti dikutip dari France 24, Minggu (28/5/2023).

Beberapa demonstran mengenakan pakaian renang atau membawa payung saat mereka duduk sebagai bentuk protes di jalan raya A12 sambil memegang spanduk dan sejumlah plakat.



Beberapa selebriti Belanda termasuk di antara para pengunjuk rasa, termasuk aktor Carice van Houten, yang terkenal karena perannya sebagai Melisandre dalam serial TV terkenal Game of Thrones.

Kantor berita Belanda ANP melaporkan bahwa dia ditangkap, tetapi kemudian diizinkan pulang. Laporan itu juga tidak menyebutkan apakah dia termasuk di antara mereka yang akan diadili.

Menurut ANP aksi protes tersebut menandai yang ketujuh yang diselenggarakan oleh Extinction Rebellion di daerah Den Haag ini, tetapi sejauh ini jumlah orang yang ditangkap adalah yang tertinggi.

Grup kampanye lingkungan, disingkat menjadi XR, telah dikenal karena aksi-aksi yang mengganggu dan menarik perhatian yang telah menjadi ciri khas mereka.

Dalam beberapa tahun terakhir kelompok ini telah menyebabkan gangguan besar, menghantam jalan, bandara, dan jaringan transportasi umum lainnya dengan aksi protes langsung terhadap perubahan iklim.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2448 seconds (0.1#10.140)