Malaysia Gelar Pameran Senjata Internasional Terbesar

Sabtu, 27 Mei 2023 - 19:00 WIB
loading...
Malaysia Gelar Pameran Senjata Internasional Terbesar
Malaysia Gelar Pameran Senjata Internasional Terbesar. FOTO/MGAS
A A A
LANGKAWI - Dengan meningkatnya ketegangan geopolitik di seluruh dunia, pameran senjata internasional terbaru di Malaysia telah menarik minat yang sangat besar. Perwakilan negara dari seluruh dunia dilaporkan menghadiri acara ini.

Pameran Langkawi International Maritime and Aerospace (LIMA) tahun ini adalah yang terbesar di negara ini, dengan lebih dari 500 perusahaan dari sekitar 30 negara memamerkan teknologi terbaru mereka, baik dalam perangkat keras maupun perangkat lunak.



Acara tersebut, yang diadakan kembali setelah absen selama empat tahun, menarik perhatian para kepala pertahanan dari seluruh kawasan karena mereka ingin meningkatkan pengeluaran senjata mereka.

Kesepakatan dan janji senilai sekitar USD4 miliar diharapkan terjadi selama pameran lima hari yang akan berakhir pada Jumat (27/5/2023). Pada pidato pembukaan di acara tersebut, Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim mengatakan, keberhasilan LIMA 2023 akan “memperkuat Malaysia sebagai pusat regional untuk industri kedirgantaraan dan maritim”.

Malaysia, yang secara tradisional mempertahankan pengeluaran pertahanannya tidak lebih dari 1 persen dari produk domestik bruto (PDB), meningkatkan anggarannya sebesar 10 persen tahun ini.

Ini terjadi karena pertahanan militer dan sipilnya sangat membutuhkan peningkatan sistem, dengan aset saat ini dikatakan sudah tua dan ketinggalan jaman. Mereka telah memesan 18 jet tempur FA50 dari Korea Selatan.



“Kami dapat melakukan pengiriman pertama dalam 42 bulan. Dan pengiriman pertama akan dilakukan ke Malaysia pada tahun 2026,” kata CEO Korean Aerospace Industries Kang Goo-Young.

Indonesia, Filipina, dan Thailand telah melakukan pembelian serupa dari perusahaan kedirgantaraan Korea Selatan, karena belanja pertahanan meningkat di tengah ketegangan geopolitik global.

Lebih dekat ke rumah, Malaysia terus melakukan upaya untuk menjaga keamanan perbatasannya karena bekas serangan Sulu di negara bagian Sabah, Malaysia Timur, tetap ada. Serangan Lahad Datu pada tahun 2013 oleh pengikut sultan terakhir dari wilayah terpencil Sulu di Filipina menewaskan sedikitnya 70 orang, termasuk 10 personel keamanan Malaysia.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1062 seconds (0.1#10.140)