Rusia Mulai Sebar Senjata Nuklir ke Belarusia, Uni Eropa Ketir-ketir

Sabtu, 27 Mei 2023 - 09:20 WIB
loading...
Rusia Mulai Sebar Senjata Nuklir ke Belarusia, Uni Eropa Ketir-ketir
Langkah Rusia yang mulai menyebarkan senjata nuklir taktis ke Belarusia membuat Uni Eropa cemas. Foto/Kementerian Pertahanan Rusia via TASS
A A A
BRUSSELS - Langkah Rusia yang mulai menyebarkan senjata nuklir taktis ke Belarusia telah membuat Uni Eropa (UE) cemas.

Presiden Belarusia Alexander Lukashenko mengatakan senjata nuklir taktis Moskow sudah bergerak setelah dia menyebut Presiden Rusia Vladimir Putin telah menandatangani perintah.

"Pergerakan senjata nuklir sudah dimulai," kata Lukashenko, kemarin.

Kepala Kebijakan Luar Negeri UE Josep Borrell mengatakan penyebaran senjata pemusnah massal itu akan memicu eskalasi lebih lanjut.

"Ini adalah langkah yang akan mengarah pada eskalasi yang sangat berbahaya," katanya dalam sebuah pernyataan yang dilansir Reuters, Sabtu (27/5/2023).



Penyebaran senjata nuklir taktis Rusia ke negara sekutunya itu sudah direncanakan jauh hari oleh Putin. Pemimpin Kremlin itu beralasan, Barat telah mengobarkan perang pada Moskow.

Dia juga mengatakan langkah Rusia mengikuti tindakan Amerika Serikat (AS) yang sudah puluhan tahun mengerahkan senjata nuklir ke lima negara NATO di Eropa.

Pada hari Kamis, Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengatakan dia menandatangani dokumen di Minsk tentang proses penyimpanan senjata semacam itu di Belarusia.

Borrell mengatakan keputusan itu bertentangan dengan berbagai perjanjian internasional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1771 seconds (0.1#10.140)