3 Cara untuk Mengalahkan Dominasi Amerika Serikat

Kamis, 25 Mei 2023 - 15:13 WIB
loading...
A A A
"Paling-paling, perang ekonomi akan memberi AS berupa kemenangan Pyrrhic (berdarah-darah). Paling buruk, itu bisa memulai perang dingin baru dan membawa kita selangkah lebih dekat ke konfrontasi militer," kata Goldberg.

3. Menghancurkan dari Dalam Negeri AS

3 Cara untuk Mengalahkan Dominasi Amerika Serikat

Foto/Reuters

Dalio mengatakan tantangan utama yang dihadapi AS berasal dari dalam, termasuk “kemerosotan infrastruktur, pendidikan, konflik
politik, kepemimpinan.”

Dia mengatakan krisis opioid dan ketimpangan pendapatan sebagai tanda lebih lanjut dari kerusakan di dalam negeri. “Ancaman utama AS berasal dari dalam negeri,” kata Dalio. Itu bisa menjadi bom waktu yang bisa menyebabkan kerusuhan sosial di AS.

Hal senada diungkapkan Richard Haass, Presiden Council on Foreign Relations, ancaman terbesar bagi keamanan dan kemakmuran Amerika tidak datang dari luar negeri, tetapi dari dalam. "AS telah membahayakan kemampuannya untuk bertindak secara efektif di dunia karena pengeluaran domestik yang tidak terkendali, kurangnya investasi dalam modal manusia dan fisik, krisis keuangan yang dapat dihindari," katanya dilansir Australia Financial Review.

Kemudian, pemulihan ekonomi yang lambat yang tidak perlu, perang di Irak yang cacat sejak awal dan perang di Afghanistan yang menjadi cacat karena tujuannya berkembang, defisit fiskal berulang, dan perpecahan politik yang mendalam Haass mengatakan, tidak ada yang tak terhindarkan tentang pengaruh AS selama satu abad terakhir. "Keuntungan yang dinikmati AS tidak permanen," terangnya.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1848 seconds (0.1#10.140)