3 Cara untuk Mengalahkan Dominasi Amerika Serikat

Kamis, 25 Mei 2023 - 15:13 WIB
loading...
3 Cara untuk Mengalahkan Dominasi Amerika Serikat
Amerika Serikat masih menjadi kekuatan superpower. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Tak bisa disangkal, dalam satu abad terakhir, Amerika Serikat (AS) adalah kekuatan superpower yang mendominasi dunia. Namun, banyak negara sudah menunjukkan perlawanan dengan dominasi AS tersebut.

Solusi untuk menghadirkan multipolar sudah dikumandangkan banyak pemimpin dunia, seperti Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin. Berbagai agenda multilateral juga disusun dengan tidak melibatkan AS.

Namun demikian, melemahkan AS tidak hanya berasal dari faktor luar saja, tetapi juga dari dalam negeri. Berbagai permasalahan yang dihadapi AS menunjukkan sisi lemah, seperti polarisasi politik hingga penanganan penentuan batas utang yang masih menjadi perdebatan.

Berikut adalah 3 cara yang dilakukan banyak negara di dunia untuk mengalahkan dominasi AS sehingga tidak lagi menjadi kekuatan superpower.



1. Mengurangi Penggunaan Dolar AS

3 Cara untuk Mengalahkan Dominasi Amerika Serikat

Foto/Reuters

Cara paling efektif untuk melemahkan pengaruh AS adalah dengan mengurangi penggunaan dolar dalam berbagai transaksi perdagangan internasional.

Persaingan dengan China, dampak dari perang Rusia di Ukraina dan pertengkaran sekali lagi di Washington mengenai plafon utang AS telah menempatkan status dolar sebagai mata uang dominan dunia di bawah pengawasan baru. Tren tersebut dikenal dengan de-dolarisasi yang bisa saja terjadi.

Data Dana Moneter Internasional (IMF) menyatakan, cadangan devisa dolar resmi turun ke level terendah 20 tahun sebesar 58% pada kuartal keempat 2022. Stephen Jen, CEO Eurizon SLJ Capital Limited, mengatakan pergeseran itu lebih terasa jika disesuaikan dengan nilai tukar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1111 seconds (0.1#10.140)