4 Negara yang Lebih Kuat dari Penjajahnya, Salah Satunya Superpower

Senin, 22 Mei 2023 - 12:52 WIB
loading...
4 Negara yang Lebih Kuat dari Penjajahnya, Salah Satunya Superpower
Amerika Serikat menjadi negara superpower, meskipun pernah menjadi bekas koloni Inggris. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Sejarah selalu berputar dan memiliki siklusnya sendiri. Negara yang dulunya dijajah, kini bisa menjadi lebih kuat dan lebih besar dibandingkan dengan penjajahnya.

Dengan dukungan sumber daya alam yang melimpah dan sumber daya manusia yang mumpuni, negara bekas jajahan bisa berkembang menjadi kekuatan besar. Ditambah dengan dukungan teknologi, suatu juga bisa melesat dengan cepat mengungguli rivalnya.

Itu juga sebagai bukti bahwa sejarah masa lalu tidak bisa menjadi patokan untuk kesuksesan suatu negara. Wilayah bekas jajahan atau koloni bisa berkembang dengan cepat ketika memiliki kemauan dan kemampuan.

Berikut 4 negara di dunia yang kini lebih kuat dibandingkan penjajahnya.



1. Amerika Serikat

4 Negara yang Lebih Kuat dari Penjajahnya, Salah Satunya Superpower

Foto/Reuters

Amerika Serikat (AS) menjadi negara terkuat di dunia, terutama dalam bidang militer dan perekonomian. AS mampu mengalahkan bekas penjajahnya, yakni Inggris.

Global Fire Power menempatkan AS sebagai negara terkuat secara militer dengan memiliki 1,3 juta tentara aktif. AS juga memiliki 1.914 pesawat dan 5.584 helikopter yang siap dikirim dalam peperangan.

Dalam bidang ekonomi, AS juga menjadi pemimpin sejak 1900. Selain itu, AS juga terdepan dalam pengembangan teknologi dan inovasi dalam berbagai bidang, seperti kecerdasan buatan, komputer, farmasi, antariksa, hingga peralatan militer.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1808 seconds (0.1#10.140)