PM Hongaria Bilang Ukraina Tak Bisa Menang Perang Melawan Rusia

Rabu, 24 Mei 2023 - 01:58 WIB
loading...
A A A
PM Hongaria juga menyiratkan tidak ada pihak yang benar-benar dapat memenangkan konflik, menambahkan bahwa konflik hanya dapat diakhiri dengan gencatan senjata yang diikuti dengan pembicaraan damai.

"Posisi saya adalah, melihat kenyataan, melihat angka, melihat sekeliling, melihat fakta bahwa NATO belum siap mengirim pasukan, jelas tidak ada kemenangan bagi orang Ukraina yang malang di medan perang," paparnya.

Pernyataan Orban muncul ketika Hongaria memilih untuk memblokir paket bantuan militer €500 juta (USD544 juta) baru dari apa yang disebut Fasilitas Perdamaian Eropa (EPF).

Dana itu—yang dirancang untuk mengganti peran anggota blok Eropa mengirim senjata dan peralatan ke luar negeri, serta untuk membiayai militer asing secara langsung—telah digunakan hampir secara eksklusif untuk menuangkan persenjataan ke Ukraina.

Hongaria telah mengambil sikap netral terhadap permusuhan yang sedang berlangsung antara Rusia dan Ukraina, secara konsisten menolak memberikan bantuan militer ke Kiev atau bahkan mengizinkan pengangkutan pengiriman militer melalui wilayahnya.

Budapest juga menentang sanksi anti-Rusia oleh Uni Eropa, terutama yang akan merusak ekonomi negara itu sendiri, termasuk sektor energi nuklir dan konvensionalnya.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1242 seconds (0.1#10.140)