PM Hongaria Bilang Ukraina Tak Bisa Menang Perang Melawan Rusia

Rabu, 24 Mei 2023 - 01:58 WIB
loading...
PM Hongaria Bilang Ukraina Tak Bisa Menang Perang Melawan Rusia
Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban mengatakan Ukraina tidak bisa menang perang melawan Rusia. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Perdana Menteri (PM) Hongaria Viktor Orban mengatakan Ukraina jelas tidak dapat memenangkan perang melawan Rusia . Dia mendesak solusi diplomatik untuk krisis tersebut, alih-alih Barat terus mengalirkan bantuan militer ke Kiev.

Komentar PM Orban disampaikan dalam wawancaranya dengan Bloomberg selama Forum Ekonomi Qatar pada Selasa, yang dilansir Rabu (24/5/2023).

“Secara emosional, ini tragis, semua hati kami bersama Ukraina. Tapi saya berbicara sebagai politisi yang harus menyelamatkan nyawa,” kata Orban, mencatat bahwa Hongaria memandang permusuhan yang sedang berlangsung dari “sudut khusus” yang berbeda dari posisi Eropa “arus utama”.

Menurutnya, orang-orang Hongaria juga kehilangan nyawa setiap hari karena konflik tersebut. Hal itu merujuk pada anggota etnis minoritas Hongaria-Ukraina yang telah wajib militer untuk perang melawan invasi Rusia.



Hongaria merupakan anggota NATO, namun negara ini menolak mengecam invasi Rusia terhadap Ukraina.

Orban akui dia abstain mengecam Moskow atas invasinya, sebab permusuhan saat ini disebabkan oleh kegagalan besar dalam diplomasi.

“[Posisi] Hongaria adalah, sejak saat pertama, bahwa perang ini adalah kegagalan diplomasi, seharusnya tidak pernah terjadi,” kata Orban.

“Bagi kami jelas bahwa solusi medan perang tidak berhasil," ujarnya.

Ditekan lebih lanjut tentang apakah, menurut pendapatnya, Kiev mampu memenangkan konflik tersebut, Orban menjawab bahwa jalannya permusuhan telah dengan jelas menunjukkan bahwa itu jelas tidak mungkin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1875 seconds (0.1#10.140)