Hindari Serangan Udara AS, Iran Dilaporkan Bangun Fasilitas Nuklir di Bawah Gunung

Selasa, 23 Mei 2023 - 15:26 WIB
loading...
A A A
Fasilitas Natanz yang baru kemungkinan berada lebih dalam di bawah tanah daripada fasilitas Fordo Iran, situs pengayaan lain yang diekspos pada tahun 2009 oleh AS dan para pemimpin dunia lainnya. Fasilitas itu memicu kekhawatiran di Barat bahwa Iran memperkuat programnya dari serangan udara.

Fasilitas bawah tanah semacam itu membuat AS menciptakan bom GBU-57, yang dapat menembus setidaknya 60 meter bumi sebelum meledak, menurut militer Amerika. Pejabat AS dilaporkan telah membahas penggunaan dua bom serupa secara berurutan untuk memastikan sebuah situs dihancurkan. Tidak jelas apakah hantaman satu-dua seperti itu akan merusak fasilitas sedalam yang ada di Natanz.

Dengan potensi bom seperti itu, AS dan sekutunya memiliki lebih sedikit pilihan untuk menargetkan situs tersebut. Jika diplomasi gagal, serangan sabotase dapat dilanjutkan.

Natanz sendiri telah menjadi sasaran virus Stuxnet, yang diyakini sebagai ciptaan Israel dan Amerika, yang menghancurkan sentrifugal Iran. Israel juga diyakini telah membunuh ilmuwan yang terlibat dalam program tersebut, menyerang fasilitas dengan drone pembawa bom dan melancarkan serangan lainnya. Namun pemerintah Israel menolak berkomentar.



Para ahli mengatakan tindakan mengganggu seperti itu dapat mendorong Teheran lebih dekat ke bom nuklir — dan menempatkan programnya lebih jauh ke gunung di mana serangan udara, sabotase lebih lanjut, dan mata-mata mungkin tidak dapat mencapainya.

“Sabotase dapat memutar kembali program nuklir Iran dalam jangka pendek, tetapi itu bukan strategi jangka panjang yang layak untuk menjaga Iran yang bersenjata nuklir,” kata Kelsey Davenport, direktur kebijakan nonproliferasi di Asosiasi Pengendalian Senjata yang berbasis di Washington.

“Mendorong program nuklir Iran lebih jauh di bawah tanah meningkatkan risiko proliferasi,” imbuhnya.

Iran sendiri menyangkal sedang mencari senjata nuklir, meskipun para pejabat di Teheran sekarang secara terbuka mendiskusikan kemampuan mereka untuk mengejarnya.

Misi Iran untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, sebagai tanggapan atas pertanyaan dari AP mengenai pembangunan tersebut, mengatakan bahwa kegiatan nuklir damai Iran bersifat transparan dan di bawah perlindungan Badan Energi Atom Internasional (IAEA). Namun, Iran telah membatasi akses bagi inspektur internasional selama bertahun-tahun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0974 seconds (0.1#10.140)