Wakil PM: Tak Satu Negara Pun di Dunia Muslim Dukung Sanksi pada Rusia

Senin, 22 Mei 2023 - 21:07 WIB
loading...
Wakil PM: Tak Satu Negara Pun di Dunia Muslim Dukung Sanksi pada Rusia
Wakil Perdana Menteri Rusia Marat Khusnullin berbicara di forum Russia-Islamic World di Kazan, Tatarstan, Rusia, 19 Mei 2023. Foto/RIA Novosti/Maxim Bogodvid
A A A
MOSKOW - Wakil Perdana Menteri Rusia Marat Khusnullin menyatakan negara-negara Islam tidak mendukung sanksi Barat terhadap Rusia.

Menurut dia, perjanjian yang ditandatangani pada forum ekonomi Kazan pekan lalu membuktikan hal ini. Pernyataan itu diungkapkan Khusnullin kepada RT pada Sabtu (20/5/2023).

Menurut dia, menyatukan delegasi dari Rusia dan negara-negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI), forum “Rusia-Dunia Islam” di kota Kazan menghasilkan ratusan pertemuan dan lebih dari 100 perjanjian perdagangan ditandatangani.

“Forum itu menjadi tempat berkumpulnya kepentingan politik dan ekonomi, karena negara-negara dunia Islam mendukung kita,” papar dia.

Dia menjelaskan, “Tidak ada negara di dunia Muslim yang mendukung sanksi terhadap kami.”



Meski segelintir negara Arab, terutama Arab Saudi dan Mesir secara resmi mengutuk Rusia atas operasi militernya di Ukraina, tidak ada negara Islam yang mengikuti jejak Barat dan menjatuhkan sanksi ekonomi terhadap Moskow.

Perdagangan antara dunia Islam dan Rusia sebagian besar terus berlanjut tanpa hambatan.

Khusnullin mengungkapkan lebih banyak kesepakatan sedang dikerjakan, termasuk perjanjian bilateral tentang produk pertanian dan makanan halal, pemrosesan minyak mentah, dan perbankan.

Peningkatan perdagangan akan difasilitasi oleh pembangunan Koridor Transportasi Internasional Utara Selatan, rute kapal, kereta api, dan jalan raya sepanjang 7.200 kilometer untuk memindahkan kargo antara India, Iran, Azerbaijan, Rusia, Asia Tengah, dan Eropa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0919 seconds (0.1#10.140)