7 Negara dengan Kekuatan Militer Paling Lemah, Salah Satunya Tak Punya Tentara

Jum'at, 19 Mei 2023 - 16:05 WIB
loading...
7 Negara dengan Kekuatan Militer Paling Lemah, Salah Satunya Tak Punya Tentara
Tentara Somalia sedang berpatroli. Somalia termasuk negara dengan kekuatan militer yang lemah di dunia. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Kekuatan militer menjadi suatu kebanggaan bagi suatu negara. Namun, banyak juga negara yang memiliki jumlah tentara minim hingga tak memiliki pesawat tempur.

Melansir Global Fire Power, bukan hanya negara yang kuat menjadi perhatian, tetapi negara memiliki kekuatan militer yang lemah. Negara dengan kekuatan militer yang lemah juga tetap bisa unjuk kekuatan dalam melawan pemberontakan dan teroris.

Militer merupakan kekuatan utama untuk mempertahankan suatu negara dari ancaman musuh, menjaga perbatasan, hingga melindungi rakyat untuk urusan kemanusiaan. Bukan hanya sebagai simbol kemapanan suatu negara, kehadiran militer menjadi suatu kebutuhan dan menjadi hal mutlak.

Berikut merupakan 7 negara dengan kekuatan militer paling lemah di dunia.



1. Bhutan

7 Negara dengan Kekuatan Militer Paling Lemah, Salah Satunya Tak Punya Tentara

Foto/Nenow

Bhutan menjadi negara paling lemah dalam hal kekuatan militernya. Jumlah total prajuritnya hanya 8.000 orang. Negara itu tidak memiliki tentara cadangan.

Bhutan juga tak memiliki pesawat tempur. Mereka hanya memiliki dua helikopter, itupun yang bisa digunakan hanya satu uit saja.
Tak ada tank atau pun peluncur roket, Bhutan hanya memiliki 108 kendaraan pendukung perang dan hanya 54 yang bisa digunakan.

Padahal, Bhutan berbatasan langsung dengan China dan India yang merupakan negara dengan kekuatan militer yang prima. Bhutan juga memiliki ketegangan perbatasan di Pegunungan Himalaya dengan kedua negara tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1181 seconds (0.1#10.140)