Tak Hiraukan Protes Kelompok HAM, Iran Eksekusi Mati 3 Demonstran

Jum'at, 19 Mei 2023 - 15:27 WIB
loading...
A A A


Amnesty International yang berbasis di London juga mengkritik kasus tersebut. “Cara yang mengejutkan di mana persidangan dan hukuman para pengunjuk rasa ini dilacak dengan cepat melalui sistem peradilan Iran di tengah penggunaan 'pengakuan' yang tercemar penyiksaan, cacat prosedural yang serius dan kurangnya bukti adalah contoh lain dari ketidakpedulian otoritas Iran,” kata Diana Eltahawy, wakil direktur Amnesty untuk Timur Tengah dan Afrika Utara.

Iran melancarkan tindakan keras terhadap protes, menggambarkan mereka - tanpa bukti - sebagai konspirasi yang didukung asing. Para pengunjuk rasa mengatakan mereka muak setelah puluhan tahun mengalami penindasan dan pemerintahan yang buruk. Perekonomian Iran berada dalam kejatuhan sejak AS secara sepihak menarik diri dari perjanjian nuklir 2015 dan memulihkan sanksi yang melumpuhkan.

Lebih dari 500 orang tewas selama berbulan-bulan protes, termasuk puluhan anggota pasukan keamanan. Sekitar 19.000 orang ditangkap, meskipun banyak yang telah dibebaskan.
(esn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1572 seconds (0.1#10.140)