Terungkap, Manusia Mulai Berciuman 1.000 Tahun Lebih Awal dari yang Diperkirakan

Jum'at, 19 Mei 2023 - 06:05 WIB
loading...
A A A
Hal ini, kata para ilmuwan, menunjukkan praktik berciuman adalah perilaku mendasar pada manusia dan menjelaskan mengapa hal itu dapat ditemukan di berbagai budaya.



Para peneliti juga mengatakan berciuman mungkin secara tidak sengaja membantu menyebarkan virus seperti virus herpes simpleks 1 (HSV-1), yang menyebabkan luka dingin.

"Dari kumpulan besar teks medis Mesopotamia, mereka menemukan beberapa di antaranya menyebutkan penyakit dengan gejala yang mengingatkan pada virus herpes simplex 1," ungkap Arboll.

Namun dia menambahkan bahwa teks medis kuno dapat dipengaruhi oleh konsep budaya dan agama sehingga tidak bisa dibaca begitu saja.

Arboll mengatakan tim menemukan beberapa kesamaan antara penyakit yang dikenal sebagai buĘľshanu dalam teks medis kuno dari Mesopotamia dan gejala yang disebabkan oleh infeksi herpes simpleks.

"Penyakit bu'shanu terutama terletak di dalam atau di sekitar mulut dan tenggorokan, dan gejalanya termasuk gelembung di dalam atau di sekitar mulut, yang merupakan salah satu tanda dominan infeksi herpes," tukasnya.
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1867 seconds (0.1#10.140)