3 Militer di Negara di Asia Tenggara Ini Sangat Berpengaruh dalam Politik

Kamis, 18 Mei 2023 - 08:27 WIB
loading...
3 Militer di Negara di Asia Tenggara Ini Sangat Berpengaruh dalam Politik
Militer di beberapa di Asia Tenggara memiliki pengaruh yang kuat. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Kenapa militer masih mendapatkan posisi di beberapa negara di Asia Tenggara? Itu tidak lepas bahwa militer dianggap sebagai pelindung negara dan tentara disebut dengan prajurit rakyat. Militer bukan hanya sebagai pelindung negara, tetapi juga pelindung masyarakat.

Pandangan seperti masih melekat sebagian warga di Thailand dan Myanmar. Banyak pendukung menganggap bahwa militer kerap menyelamatkan negara dari politikus yang jahat.

Kekuatan militer yang masih mendominasi di beberapa negara Asia Tenggara menjadi keuntungan bagi China dan Rusia untuk menebar pengaruh geopolitik. Itu berkebalikan dengan negara Barat yang tidak suka dengan intervensi militer terhadap politik.

Berikut 3 negara di Asia di mana militer masih melakukan intervensi politik dan memiliki pengaruh sangat kuat.

Baca Juga: Kekuatan Dahsyat Topan Mocha Sapu Bersih Pesisir Bangladesh dan Myanmar

1. Thailand

3 Militer di Negara di Asia Tenggara Ini Sangat Berpengaruh dalam Politik

Foto/Reuters

Thailand mengalami dua kali kudeta militer dalam 15 tahun terakhir, yakni pada 2006 dan 2014. Kedua kudeta tersebut menggulingkan pemerintahan dari dinasti politik Shinawatra.

Sebagian masyarakat Thailand berpandangan bahwa meskipun kudeta militer terjadi, tapi stabilitas politik dan perekonomian tetap normal. Itulah yang menjadikan sebagian kelompok di Thailand tak mempermasalahkan politik diintervensi oleh militer.

2. Kamboja
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1764 seconds (0.1#10.140)