Polandia Serahkan 10 Jet Tempur MiG-29 ke Ukraina

Rabu, 17 Mei 2023 - 20:00 WIB
loading...
Polandia Serahkan 10 Jet Tempur MiG-29 ke Ukraina
Polandia Serahkan 10 Jet Tempur MiG-29 ke Ukraina. FOTO/Reuters
A A A
WARSAWA - Harapan Ukraina untuk mendapatkan suplai di sektor udara menjadi kenyataan. Polandia telah mengirimkan "hampir semua" pesawat jet MiG-29 ke Ukraina. Hal itu diungkapkan Presiden Polandia, Andrzej Duda, Rabu (17/5/2023).

"Kami berada di garda depan negara-negara, setelah Amerika Serikat (AS) dan Inggris, dalam hal transfer senjata ke Ukraina,” kata Duda kepada wartawan di ibu kota Islandia, Reykjavik, tempat KTT Dewan Eropa berlangsung, seperti dikutip dari Anadolu Agency.



Sebelumnya, Menteri Pertahanan Polandia, Mariusz Blaszczak mengatakan pada pekan lalu, bahwa Polandia siap menyerahkan 10 pesawat tempur MiG-29 ke Ukraina.

Pada bulan April, Polandia dan Slovakia menjadi negara Barat pertama yang mengumumkan pengiriman 41 MiG-29 ke Ukraina. Slovakia telah mengirimkan 13 pesawat, termasuk empat dalam kondisi operasional.

Beberapa pesawat ini kabarnya akan digunakan untuk suku cadang. Pesawat-pesawat itu digunakan oleh angkatan udara Ukraina sebelum dimulainya konflik. Belum ada keputusan untuk menyediakan Ukraina dengan jet Barat modern seperti F-16, Gripen, atau F/A-18 Hornet.



Polandia berencana untuk mentransfer MiG-29 ke Ukraina pada awal perang, dengan Warsawa menyarankan untuk menyerahkan pesawat ke AS atau NATO, yang kemudian akan membuat keputusan untuk memindahkannya ke Ukraina.

Para pejuang bertugas di bekas Jerman Timur selama Perang Dingin dan diwarisi oleh Bundeswehr – angkatan bersenjata Jerman. Pada tahun 2002, Jerman menjualnya ke Polandia. Pada bulan April, Jerman menerima permintaan Polandia untuk memberi Ukraina lima pesawat tempur buatan Soviet.

Polandia berencana mengganti pesawat dengan pembelian 48 FA-50 Korea Selatan dan 32 F-35A Lightning II produksi AS.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2005 seconds (0.1#10.140)