Korut Buka Kemungkinan Segera Luncurkan Satelit Mata-mata

Rabu, 17 Mei 2023 - 16:25 WIB
loading...
Korut Buka Kemungkinan Segera Luncurkan Satelit Mata-mata
Korut Buka Kemungkinan Segera Luncurkan Satelit Mata-mata. FOTO/Reuters
A A A
PYONGYANG - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un memeriksa satelit mata-mata militer yang telah selesai dan diharapkan segera diluncurkan. Hal itu tergambar dalam kunjungan Jong-un ke Badan Kedirgantaraan Korea Utara .

Seperti dilaporkan AP, Jong-un menggambarkan pengintaian berbasis ruang angkasa sebagai hal yang penting untuk melawan Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan.



“Kim selama kunjungan hari Selasa (16/5/2023), menyetujui "rencana aksi masa depan" yang tidak ditentukan dalam persiapan peluncuran satelit,” sebut laporan Kantor Berita Pusat Korea Utara, Rabu (17/5/2023).

Korea Utara belum mengungkapkan tanggal target peluncuran, yang menurut beberapa analis mungkin dalam beberapa minggu ke depan. Peluncuran itu akan menggunakan teknologi rudal jarak jauh yang dilarang oleh resolusi Dewan Keamanan PBB sebelumnya.

Namun, ada lebih banyak pertanyaan tentang kemampuan satelit. Beberapa analis Korea Selatan mengatakan satelit yang ditampilkan dalam foto media pemerintah Korea Utara tampak terlalu kecil dan dirancang secara kasar untuk mendukung citra beresolusi tinggi.



Foto-foto yang dirilis media Korea Utara dari peluncuran rudal masa lalu beresolusi rendah. Foto-foto yang dirilis oleh surat kabar Rodong Sinmun tentang kunjungan hari Selasa menunjukkan Kim dan putrinya – mengenakan jas lab putih – berbicara dengan para ilmuwan di dekat objek yang tampak seperti komponen utama satelit. Surat kabar itu tidak mengidentifikasi objek yang dikelilingi oleh pita merah.

KCNA mengatakan satelit itu dianggap siap untuk dimuat ke roket setelah para ilmuwan memeriksa perakitan perangkat itu dan mengujinya untuk memastikan apakah itu akan tahan terhadap lingkungan luar angkasa.

Kunjungan itu adalah penampilan publik pertama Kim dalam waktu sekitar satu bulan, setelah kunjungan sebelumnya ke pusat kedirgantaraan pada 18 April ketika media pemerintah mengumumkan bahwa satelit itu telah dibangun.



“Kim mengatakan, memperoleh satelit mata-mata akan sangat penting untuk upayanya untuk meningkatkan pertahanan negara karena "imperialis AS dan penjahat boneka (Selatan) Korea meningkatkan gerakan konfrontatif mereka" melawan Korea Utara,” kata laporan KCNA.

Dia tampaknya merujuk pada perluasan latihan militer bersama antara Amerika Serikat dan Korea Selatan dan diskusi sekutu untuk memperkuat strategi pencegahan nuklir mereka untuk mengatasi ancaman dari Korea Utara, yang telah menguji coba sekitar 100 rudal sejak awal 2022.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1206 seconds (0.1#10.140)