China Bilang Hanya Amerika yang Kesal Suriah Kembali ke Liga Arab

Selasa, 16 Mei 2023 - 10:30 WIB
loading...
A A A
Wang mengatakan keputusan Liga Arab mencabut penangguhan keanggotaan Suriah akan membawa perdamaian dan stabilitas yang lebih besar ke Timur Tengah dan akan melayani kepentingan jangka panjang negara-negara Arab.

"AS dan beberapa negara menyebut cara mereka memainkan 'aturan' permainan dan perubahan rezim di negara lain 'spring'. Dan [mereka] mengutuk setiap tindakan yang tidak melayani kepentingan hegemonik egois mereka. Kebenaran politik yang bengkok seperti ini tidak akan membawa mereka kemana-mana lagi," kritik Wang.

"Kembalinya Suriah ke Liga Arab sekali lagi membuktikan bahwa ketika bayang-bayang AS menyusut, cahaya perdamaian menyebar," ujarnya.

Pasukan Assad telah mendapatkan kembali kendali atas sekitar dua pertiga Suriah dalam beberapa tahun terakhir, mengalahkan pemberontak yang didukung AS dan milisi asing. Keberhasilan Suriah itu berkat bantuan Rusia dan Iran.

Sebaliknya, Suriah menganggap pasukan AS secara ilegal menduduki wilayah timur laut yang kaya minyak sejak 2014. Menurut Damaskus, tindakan Amerika itu melanggar kedaulatan negara.

Keputusan Liga Arab untuk mengembalikan keanggotaan Suriah datang dua bulan setelah China menengahi kesepakatan untuk memulihkan hubungan diplomatik antara Arab Saudi dan Iran, yang persaingan sengitnya telah mendukung ketegangan geopolitik di kawasan itu selama beberapa dekade.

Mantan Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih John Bolton, di antara pengamat lainnya, berpendapat bahwa kesepakatan itu menunjukkan berkurangnya pengaruh AS di seluruh dunia.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1165 seconds (0.1#10.140)