China Vonis Penjara Seumur Hidup Warga AS yang Lakukan Spionase

Selasa, 16 Mei 2023 - 00:30 WIB
loading...
China Vonis Penjara Seumur Hidup Warga AS yang Lakukan Spionase
Ilustrasi
A A A
BEIJING - China telah menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup kepada seorang warga negara Amerika Serikat (AS), John Shing-wan Leung (78), karena spionase, Senin (15/5/2023). Vonis ini diprediksi akan memperkeruh hubungan yang sudah rusak antara Beijing dan Washington.

Seperti dilaporkan AFP, Leung, yang merupakan penduduk tetap Hong Kong dinyatakan bersalah melakukan spionase. “Dijatuhi hukuman penjara seumur hidup, dicabut hak politiknya seumur hidup," kata sebuah pernyataan dari Pengadilan Menengah Rakyat di kota Suzhou, China timur.



“Otoritas Suzhou mengambil tindakan wajib sesuai hukum terhadap Leung yang berusia 78 tahun pada April 2021,” lanjut pernyataan tersebut. Pernyataan itu tidak menyebutkan kapan dia ditahan. Tidak jelas di mana Leung tinggal pada saat penangkapannya.

Seorang juru bicara kedutaan AS di Beijing mengatakan, mereka mengetahui laporan bahwa seorang warga negara AS baru-baru ini dihukum dan dihukum di Suzhou.

"Departemen Luar Negeri tidak memiliki prioritas yang lebih besar daripada keselamatan dan keamanan warga AS di luar negeri," kata juru bicara itu. "Karena pertimbangan privasi, kami tidak memiliki komentar lebih lanjut," lanjutnya.



Pernyataan pengadilan tidak memberikan perincian lebih lanjut tentang dakwaan tersebut, dan persidangan tertutup rutin dilakukan di China untuk kasus-kasus sensitif.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin menolak berkomentar lebih lanjut tentang kasus tersebut pada konferensi pers reguler pada hari Senin.

Pemenjaraan itu kemungkinan akan semakin merusak hubungan dengan Washington, yang sudah sangat tegang karena isu-isu seperti perdagangan, hak asasi manusia dan Taiwan.



Washington dan Beijing baru saja mengakhiri jeda tidak resmi dalam kontak tingkat tinggi atas penembakan AS pada bulan Februari terhadap balon pengintai China yang dicurigai.

Dalam terobosan nyata minggu lalu, Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan dan diplomat tinggi China Wang Yi mengadakan pembicaraan delapan jam di Wina, dengan kedua belah pihak menggambarkan pertemuan itu sebagai "terus terang, substantif dan konstruktif."
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1240 seconds (0.1#10.140)