Pemilu Thailand: Oposisi Kalahkan Partai Militer, Pita Limjaroenrat Kandidat Perdana Menteri

Senin, 15 Mei 2023 - 08:32 WIB
loading...
A A A
"Saya pikir aman untuk berasumsi bahwa pemerintahan minoritas tidak mungkin lagi dilakukan di sini di Thailand," imbuh dia.

Dengan 99 persen hasil pemilu yang dirilis di situs Komisi Pemilu, MFP—yang baru dibentuk pada tahun 2020—meraih total 148 kursi Parlemen. Itu mencerminkan dukungan nasional kepada partai baru tersebut.

Pheu Thai Party, yang terkait dengan keluarga miliarder Shinawatra, meraih total 138 kursi Parlemen. Bhumjaitai Party berada di posisi ketiga dengan meraih 70 kursi Parlemen.

The United Thai Nation Party (Partai Persatuan Bangsa Thailand) pimpinan Perdana Menteri petahana Prayuth Chan-ocha--jenderal yang memimpin kudeta 2014 sebagai panglima militer—berada di urutan kelima dengan meraih 36 kursi Parlemen.

Susannah Patton, yang mengepalai program Asia Tenggara di Lowy Institute di Sydney, Australia, mengatakan tidak ada keraguan tentang keinginan para pemilih Thailand.

“Ini adalah suara yang jelas untuk perubahan yang tidak dapat diabaikan,” tulisnya di Twitter.

“Pelajaran dari 20 tahun terakhir politik Thailand menunjukkan bahwa jika kekuatan mapan mencoba menumbangkan hasil ini, itu hanya akan menyebabkan lebih banyak ketidakstabilan dan polarisasi," ujarnya, seperti dilansir Al Jazeera.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1679 seconds (0.1#10.140)