Dibebaskan dari Tahanan, Imran Khan Dapat Jaminan Perlindungan

Jum'at, 12 Mei 2023 - 21:49 WIB
loading...
A A A
Sedikitnya 10 orang tewas dan sekitar 2.000 ditangkap saat kerusuhan melanda negara itu pascapenangkapan Khan. Protes itu termasuk penyerangan ke kediaman komandan militer di Lahore, yang dibakar.

Kritikus mengatakan partai Khan, Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI), telah memicu kerusuhan melalui postingan media sosial yang menyerukan pengunjuk rasa untuk turun ke jalan, dan hakim mengatakan kepada Khan bahwa dia harus mengutuk kekerasan dan meminta pendukung untuk berhenti.

Kisah dramatis itu secara signifikan meningkatkan ketegangan antara Khan dan militer Pakistan yang kuat.

Banyak analis percaya kemenangan Khan pada pemilu 2018 lalu terjadi dengan bantuan militer, yang dibantah oleh kedua belah pihak.

Tapi dia kemudian berselisih dengan tentara. Setelah serangkaian pembelotan, dan di tengah meningkatnya krisis ekonomi, dia kehilangan mayoritas dukungan di parlemen.

Sejak digulingkan kurang dari empat tahun dalam masa jabatannya, dia telah menjadi salah satu kritikus militer yang paling vokal, dan para analis mengatakan popularitas tentara telah turun.

PTI mengatakan tuduhan terhadapnya - yang berkaitan dengan hadiah yang diberikan kepadanya oleh para pemimpin asing saat dia menjabat sebagai perdana menteri - bermotivasipolitik.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1792 seconds (0.1#10.140)