Inggris Konfirmasi Pasok Ukraina dengan Rudal Jarak Jauh Storm Shadow

Jum'at, 12 Mei 2023 - 07:16 WIB
loading...
Inggris Konfirmasi Pasok Ukraina dengan Rudal Jarak Jauh Storm Shadow
Inggris menjadi negara Barat pertama yang memasok Ukraina dengan rudal jelajah jarak jauh setelah mengirimkan rudal Storm Shadow. Foto/LBC
A A A
LONDON - Inggris telah memasok rudal jelajah jarak jauh Storm Shadow ke Ukraina. Ini membuat Inggris menjadi negara Barat pertama yang memasok senjata yang dapat menyerang sasaran jauh ke Crimea yang diduduki dalam serangan balasan oleh Kiev.

Menteri Pertahanan Inggris, Ben Wallace, mengatakan kepada anggota parlemen untuk pertama kalinya bahwa rudal sekarang masuk, atau berada di negara itu sendiri. Ia menambahkan pemberian rudal tersebut didukung oleh Amerika Serikat (AS).

Ia mengatakan keputusan itu adalah tanggapan yang disesuaikan dan proporsional terhadap invasi Rusia, dan khususnya penargetan berulang Moskow terhadap warga sipil Ukraina selama perang 15 bulan.

"Setidaknya 23.000 warga sipil telah tewas atau terluka," kata Wallace saat dia membenarkan keputusan untuk memberikan rudal yang harganya masing-masing lebih dari 2 juta poundsterling itu kepada Ukraina seperti dikutip dari The Guardian, Kamis (11/5/2023).

Dikatakan oleh Wallace, Rusia telah melakukan serangan 788 terhadap fasilitas kesehatan, rumah sakit, klinik, pusat kesehatan, dan dalam banyak kesempatan membunuh warga sipil dalam serangan rudal.



“Penggunaan Storm Shadow akan memungkinkan Ukraina untuk memukul mundur pasukan Rusia yang berbasis di dalam wilayah kedaulatan Ukraina,” kata Wallace kepada anggota parlemen.

“Rusia harus menyadari bahwa tindakan mereka sendiri telah menyebabkan sistem seperti itu disediakan,” ia menambahkan.

Wallace tidak mengatakan berapa banyak rudal Storm Shadow yang telah diberikan ke Ukraina, meskipun diperkirakan Inggris memiliki stok antara 700 dan 1.000. Bekerja sama dengan empat negara lain, Inggris juga mengeluarkan tender untuk membeli lebih banyak rudal atau roket jarak jauh dengan jangkauan 100-300 km.

AS sejauh ini menolak untuk memasok Ukraina dengan rudal jarak jauhnya sendiri, di tengah kekhawatiran bahwa langkah semacam itu dapat dianggap sebagai eskalasi dan Ukraina dapat menggunakannya untuk menyerang jauh ke dalam perbatasan Rusia yang diakui secara internasional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1521 seconds (0.1#10.140)