Iran Kian Keras Wajibkan Wanita Berhijab, Banyak yang Menolak

Rabu, 10 Mei 2023 - 19:30 WIB
loading...
A A A
Namun, mereka khawatir tentang risiko. Para wanita yang diwawancarai hanya memberikan nama depan mereka, karena takut akan akibatnya. Vida, 29, mengatakan keputusan dia dan dua temannya untuk tidak lagi menutupi rambut mereka di depan umum lebih dari sekedar jilbab. “Ini pesan untuk pemerintah, jangan ganggu kami,” ujarnya.



Iran dan tetangganya Afghanistan yang dikuasai Taliban adalah satu-satunya negara di mana jilbab tetap wajib bagi perempuan. Sebelum protes meletus pada bulan September, sangat jarang melihat perempuan tanpa jilbab, meskipun beberapa kadang-kadang membiarkan jilbab mereka jatuh ke pundak mereka. Saat ini, di beberapa daerah di Teheran sudah menjadi rutinitas untuk melihat wanita tanpa jilbab.

Pada awal April, Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei menyatakan bahwa “melepas jilbab tidak diperbolehkan secara Islami atau politik”. Khamenei mengklaim wanita yang menolak mengenakan jilbab sedang dimanipulasi.

“Mereka tidak mengetahui siapa di balik kebijakan melepas dan memerangi jilbab ini,” kata Khamenei. “Mata-mata musuh dan agen mata-mata musuh mengejar masalah ini. Jika mereka tahu tentang ini, mereka pasti tidak akan ambil bagian dalam hal ini,” lanjutnya.
(esn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1800 seconds (0.1#10.140)