Iran Kian Keras Wajibkan Wanita Berhijab, Banyak yang Menolak

Rabu, 10 Mei 2023 - 19:30 WIB
loading...
Iran Kian Keras Wajibkan Wanita Berhijab, Banyak yang Menolak
Iran Kian Keras Wajibkan Wanita Berhijab, Banyak yang Menolak. FOTO/Reuters
A A A
TEHERAN - Papan reklame yang disebar di seluruh pelosok ibu kota Iran , Teheran, menyatakan bahwa wanita harus mengenakan hijab . Tapi mungkin untuk pertama kalinya sejak hari-hari kacau setelah Revolusi Islam Iran tahun 1979, lebih banyak wanita—baik tua maupun muda—memilih untuk tidak melakukannya.

Seperti dilaporkan AP, Selasa (9/5/2023), pembangkangan terbuka semacam itu terjadi setelah berbulan-bulan protes atas kematian Mahsa Amini yang berusia 22 tahun pada September. Wanita itu tewas dalam tahanan polisi moral Iran. Ia ditangkap karena mengenakan jilbabnya terlalu longgar.



Sementara demonstrasi tampaknya telah mereda, pilihan beberapa wanita untuk tidak menutupi rambut mereka di depan umum menimbulkan tantangan baru bagi pemerintah Iran. Penolakan perempuan juga menunjukkan perpecahan di Iran yang telah terselubung selama beberapa dekade.

Pihak berwenang telah membuat ancaman hukum dan menutup beberapa bisnis yang melayani wanita yang tidak mengenakan jilbab. Polisi dan relawan mengeluarkan peringatan lisan di kereta bawah tanah, bandara, dan tempat umum lainnya. Pesan teks menargetkan kendaraan yang kedapatan mengangkut wanita tanpa penutup kepala di kendaraan mereka.

Namun, analis di Iran memperingatkan bahwa pemerintah dapat menyalakan kembali perbedaan pendapat jika terlalu memaksakan diri. Protes meletus pada saat yang sulit bagi Republik Islam, yang saat ini berjuang dengan kesengsaraan ekonomi yang disebabkan oleh kebuntuannya dengan Barat atas program nuklirnya yang berkembang pesat.



Beberapa wanita mengatakan mereka sudah muak - apa pun konsekuensinya. Mereka mengatakan mereka berjuang untuk lebih banyak kebebasan di Iran dan masa depan yang lebih baik untuk putri mereka.

Beberapa menyarankan semakin banyak wanita bergabung dengan barisan mereka mungkin mempersulit pihak berwenang untuk melawan.

“Apakah mereka ingin menutup semua bisnis?” kata Shervin, seorang siswa berusia 23 tahun yang rambut pendeknya berombak bergoyang tertiup angin pada hari baru-baru ini di Teheran. “Jika saya pergi ke kantor polisi, apakah mereka akan menutupnya juga?”lanjutnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1150 seconds (0.1#10.140)