Demo Menentang Netanyahu Berlanjut, Puluhan Ribu Warga Israel Turun ke Jalan

Minggu, 07 Mei 2023 - 16:00 WIB
loading...
Demo Menentang Netanyahu Berlanjut, Puluhan Ribu Warga Israel Turun ke Jalan
Demo Menentang Netanyahu Berlanjut, Puluhan Ribu Warga Israel Turun ke Jalan. FOTO/Reuters
A A A
TEL AVIV - Puluhan ribu warga Israel bergabung dalam aksi protes di seluruh negeri pada Sabtu (6/5/2023). Mereka menentang rencana Perdana Menteri Benjamin Netanyahu untuk memperketat kontrol di Mahkamah Agung.

Perombakan yang direncanakan akan memberi pemerintah kendali atas penunjukan hakim ke Mahkamah Agung dan membiarkan parlemen mengesampingkan banyak keputusan. Hinggga kini, aksi demonstrasi teah berlangsung selama 18 minggu berturut-turut.



Pemerintah menuduh hakim dan aktivis semakin merebut peran parlemen, dan mengatakan perombakan diperlukan untuk memulihkan keseimbangan antara peradilan dan politisi terpilih.

Sementara kritikus mengatakan, reformasi itu akan menghilangkan pemeriksaan dan keseimbangan vital yang menopang negara demokratis dan menyerahkan kekuasaan yang tidak terkendali kepada pemerintah.

Lima bulan memasuki masa koalisi sayap kanan, 74 persen warga Israel menganggap pemerintah berfungsi buruk, menurut sebuah jajak pendapat yang dirilis oleh penyiar publik Israel.

Kerumunan berkumpul di pusat Tel Aviv pada hari Sabtu untuk menunjukkan pembangkangan terhadap rencana yang mereka lihat sebagai ancaman eksistensial terhadap demokrasi Israel. Channel 12 Israel memperkirakan 110.000 orang berdemonstrasi di Tel Aviv saja, dengan demonstrasi lain diadakan di kota-kota di seluruh negeri.



“Saya sangat mengkhawatirkan negara saya,” kata pengunjuk rasa Bental Shamir, seorang guru berusia 60 tahun kepada Reuters di Tel Aviv. “Saya tidak ingin negara yang korup,” lanjutnya.

Perombakan yang direncanakan telah ditunda dalam upaya untuk memberikan waktu bagi Presiden Israel Isaac Herzog, yang memainkan peran seremonial, untuk menengahi kompromi antara koalisi dan oposisi yang dapat melihat undang-undang tersebut melunak, tetapi sejauh ini pembicaraan kompromi belum. buah lahir.

“Saya yakin kita lebih dekat dari yang bisa kita bayangkan,” kata pengacara Dor Lasker, 35, kepada Reuters mengenai pembicaraan kompromi. "Saya yakin itu bisa terjadi," tambahnya.

Para pengunjuk rasa mengibarkan bendera biru-putih Israel yang telah menjadi ciri khas protes selama tiga bulan terakhir.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1769 seconds (0.1#10.140)