Korban Tewas Bentrok Antaretnis di India Jadi 54 Jiwa

Minggu, 07 Mei 2023 - 13:43 WIB
loading...
A A A
Tetapi menteri hukum India Kiren Rijiju mengatakan kepada wartawan hari Sabtu bahwa banyak nyawa telah hilang setelah berhari-hari bentrokan di samping kerusakan properti.

Pemadaman internet telah menghambat aliran informasi dari Manipur dan rincian bentrokan terbaru pada hari Jumat masih jarang.

Sebuah unit tentara India yang berbasis di negara bagian Nagaland mengatakan 13.000 orang mencari perlindungan dari kekerasan di dalam lingkungan militer.

Pada hari Kamis, pasukan keamanan menembakkan gas air mata di Imphal untuk membubarkan pengunjuk rasa, beberapa di antaranya membakar kendaraan dan rumah di beberapa bagian kota.

Kendaraan yang terbakar terlihat di jalan-jalan yang dinyatakan kosong karena pemberlakuan jam malam sepanjang waktu.



Pejabat pertahanan mengatakan hari Jumat bahwa pasukan tambahan telah dibawa ke negara bagian itu melalui jalan darat dan udara.

Sejarah konflik

Kelompok-kelompok suku memprotes tuntutan masyarakat Meitei yang mayoritas di negara bagian itu untuk diakui di bawah kategori "Suku Tetap" pemerintah.

Undang-undang India memberi suku-suku yang termasuk dalam penetapan kuota yang dicadangkan untuk pekerjaan pemerintah dan penerimaan perguruan tinggi sebagai bentuk tindakan afirmatif untuk mengatasi ketidaksetaraan struktural dan diskriminasi.

Manipur adalah bagian dari timur laut India yang terpencil, sebuah wilayah yang terhubung ke bagian lain negara itu melalui koridor tanah sempit yang telah menyaksikan kerusuhan selama beberapa dekade di antara kelompok etnis dan separatis.

Timur laut adalah rumah bagi lusinan kelompok suku dan pasukan gerilya kecil yang tuntutannya berkisar dari otonomi yang lebih besar hingga pemisahan diri dari India.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0879 seconds (0.1#10.140)