Profil Louis XIX, Raja Prancis yang Berkuasa Hanya 20 Menit

Jum'at, 05 Mei 2023 - 19:32 WIB
loading...
Profil Louis XIX, Raja Prancis yang Berkuasa Hanya 20 Menit
Raja Louis XIX dari Prancis hanya menjabat sekitar 20 menit. Dia tercatat sebagai satu di antara 3 raja dengan masa jabatan tersingkat di dunia. Foto/expatica
A A A
JAKARTA - Louis Antoine de Bourbon, dukeAngoulême, adalah pewaris takhta terakhir Prancis yang naik takhta dengan gelar Raja Louis XIX. Dia terkenal karena umur kekuasaannya tersingkat dalam sejarah, yakni sekitar 20 menit.

Rekor kekuasaan tersingkat itu diabadikan oleh Guinness World Records.

Itu terjadi pada Juli 1830. Saat itu, Louis Antoine sang "Dauphin de France" terakhir naik tahta Prancis sebagai Raja Louis XIX, menggantikan ayahnya, Raja Charles X, yang telah turun takhta karena Revolusi Juli pada tahun 1830.



Profil Raja Louis XIX yang Berkuasa 20 Menit


Raja Louis XIX lahir 6 Agustus 1775 dan meninggal 3 Juni 1844. Masa dewasanya datang pada saat Prancis mengalami beberapa periode tersulit dalam sejarahnya.

Revolusi Prancis memaksa keluarganya untuk hidup dalam pengasingan, tetapi Louis XIX selalu bersemangat untuk menjatuhkan Napoleon—tokoh yang melibatkan Prancis dalam berbagai kampanye militer di Eropa.

Pangeran muda bertempur bersama pasukan Bavaria dan Inggris melawan pasukan Napoleon.

Dia sejatinya tidak pernah memerintah negara, karena setelah kematian ayahnya pada tahun 1836, dia adalah orang yang berpura-pura sebagai Louis XIX.

Louis yang juga tenar dengan panggilanAngoulême lahir di Versailles, satu tahun setelah kematian kakek buyutnya, Louis XV. Ibunya adalah Putri Maria Theresa dari Savoy (dikenal sebagai Marie Thérèse di Prancis)—putri Victor Amadeus III dari Sardinia dan Maria Antonia dari Spanyol.

Mengutip laman Britannica, ketika revolusi pecah pada 1789, dia meninggalkan Prancis bersama ayahnya. Pada 1799, dia menikahi sepupunya Marie Thérèse Charlotte, putri Louis XVI dan Marie-Antoinette.

Setelah tinggal di Polandia dan Inggris, Angoulême kembali ke Prancis pada tahun 1814 dan dengan bantuan Inggris menaikkan standar kerajaan lagi di Bordeaux.

Sebagai kepala pasukan royalis di selatan lembah Sungai Rhône, dia tidak dapat mencegah kembalinya Napoleon ke Paris. Setelah Waterloo dan pemugaran kedua Louis XVIII, Angoulême melayani LouisXVIII dengan setia.

Selama masa pemerintahan ayahnya, Charles X, dia bekerja untuk menyingkirkan tentara mantan perwira kekaisaran dan memimpin ekspedisi Prancis yang membantu memadamkan pemberontakan anti-Bourbon di Spanyol (1823). Pada tahun 1830, ketika Charles dipaksa turun takhta, Angoulême melepaskan klaimnya atas takhta dan pergi ke pengasingan.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1821 seconds (0.1#10.140)