3 Raja dengan Masa Jabatan Tersingkat di Dunia, Ada yang Tak Sampai 1 Jam

Sabtu, 29 April 2023 - 15:34 WIB
loading...
3 Raja dengan Masa Jabatan Tersingkat di Dunia, Ada yang Tak Sampai 1 Jam
Raja Louis XIX dari Prancis hanya menjabat sekitar 20 menit. Dia tercatat sebagai satu di antara 3 raja dengan masa jabatan tersingkat di dunia. Foto/expatica
A A A
JAKARTA - Terdapat sedikitnya tiga raja dengan masa jabatan tersingkat di dunia. Salah satunya bahkan tak sampai satu jam lamanya.

Alasan mengapa para raja hanya menjabat sebentar cukup beragam. Bisa karena kematian mendadak, pengunduran diri, pembatalan oleh otoritas tertentu, atau bahkan penggulingan kekuasaan.

Dalam sejarahnya, tercatat beberapa raja di dunia memiliki masa jabatan yang cukup singkat. Berikut ulasannya.



Daftar Raja dengan Masa Jabatan Tersingkat


1. Raja Louis XIX (Prancis)


Raja Louis XIX dari Prancis jelas masuk dalam daftar ini. Pada riwayatnya, tercatat Louis Antoine alias King Louis XIX pernah berkuasa dalam waktu yang sangat singkat.

Jangankan untuk satu hari, kekuasaannya hanya bertahan selama 20 menit saja. Mengutip laman Guinness World Records, Louis Antoine naik takhta pada tahun 1830 kala menggantikan ayahnya.

Sebelumnya, ayah Louis terus menghadapi tekanan dan pemberontakan selama pemerintahannya. Hal itu membuatnya menyerahkan takhta kepada putranya, Louis Antoine.

Akan tetapi, keadaan tak jauh berbeda setelah Louis naik takhta. Merasa bukan waktu terbaik untuk menjadi raja, kurang dari setengah jam menjabat, dia menyerahkan kekuasaan yang baru sekejap didapat.


2. Dipendra Bir Bikram (Nepal)


Dipendra Bir Bikram awalnya adalah putra mahkota Nepal. Namun, dalam sebuah kejadian, dia diduga menembak beberapa anggota keluarganya, termasuk ayahnya sendiri; Raja Birendra.

Akan tetapi, setelah tragedi itu, dia juga mengarahkan senapannya dengan niat bunuh diri. Tak langsung dinyatakan meninggal, Dipendra koma selama beberapa hari.

Kematian sang raja, sejatinya membuat Dipendra yang berstatus putra mahkota naik takhta. Namun, tiga hari berselang dia justru meninggal dunia. Pada akhirnya, pamannya yang bernama Gyanendra menjadi raja baru Nepal.


3. Raja Umberto II (Italia)


Umberto II merupakan putra dari Raja Victor Emmanuel III. Dia naik takhta menggantikan ayahnya pada 9 Mei 1946.

Akan tetapi, Raja Umberto hanya memiliki kekuasaan yang relatif singkat. Tercatat, dia menjabat hingga 12 Juni 1946 atau sekitar sebulan lebih.

Alasannya adalah karena saat itu warga Italia menggelar referendum untuk menentukan bentuk negara tetap monarki atau menjadi republik. Dalam hal ini, mayoritas memilih untuk membentuk republik, sehingga Umberto II harus turun takhta.

Itulah beberapa nama raja dengan masa jabatan tersingkat di dunia.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1733 seconds (0.1#10.140)