Pasukan AS Dilaporkan Latihan untuk Perang di Taiwan

Minggu, 30 April 2023 - 10:31 WIB
loading...
A A A
Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengakui, tanpa mendukung, klaim kedaulatan China atas Taiwan. Selama beberapa dekade, Washington telah mempertahankan kebijakan "ambiguitas strategis", membuat Beijing dan Taipei terus menebak-nebak apakah, dan sejauh mana, militer AS akan campur tangan jika China menginvasi Taiwan. Namun, Presiden Joe Biden telah berulang kali mengisyaratkan bahwa Washington akan membantu Taiwan secara militer jika terjadi serangan China.

Think tank Washington telah mengiring latihan perang dalam beberapa bulan terakhir untuk mensimulasikan bagaimana perang atas Taiwan mungkin terjadi. Salah satu studi semacam itu dilakukan untuk komite kongres oleh Center for New American Security, yang menemukan awal bulan ini bahwa pasukan AS tidak akan dapat memasok senjata dan peralatan ke Taiwan begitu serangan China dimulai.

Sebuah latihan yang dilakukan oleh Pusat Studi Strategis dan Internasional menemukan bahwa meskipun pasukan AS dan Jepang berhasil menghalau serangan Beijing, mereka akan kehilangan puluhan kapal perang, ratusan pesawat, dan ribuan tentara.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1228 seconds (0.1#10.140)