Pertama dalam 40 Tahun, AS Akan Kirim Kapal Selam Nuklir ke Korea Selatan

Kamis, 27 April 2023 - 00:08 WIB
loading...
A A A
Ketentuan baru dalam deklarasi tersebut dirancang untuk memperkuat kepercayaan publik dan pemerintah Korsel pada komitmen AS, kata pejabat itu, dan menunjukkan front persatuan kepada pemimpin Korut Kim Jong-un.



“Amerika Serikat belum mengambil langkah-langkah ini sejak puncak Perang Dingin dengan segelintir sekutu terdekat kami di Eropa,” kata pejabat itu.

“Kami berusaha untuk memastikan bahwa dengan menjalankan prosedur baru ini [dan] langkah-langkah baru, komitmen kami untuk memperpanjang pencegahan tidak perlu dipertanyakan lagi,” imbuhnya.

Selama kunjungan kenegaraannya, Yoon diharapkan untuk menegaskan kembali komitmen Korsel terhadap kewajibannya sendiri di bawah Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir PBB, yang diratifikasi Seoul pada tahun 1975 dan yang melarangnya memperoleh senjata nuklir.

Jajak pendapat Februari 2022 yang dilakukan oleh Chicago Council on Global Affairs menemukan bahwa 71% warga Korsel mendukung negara itu mengembangkan senjata nuklirnya sendiri dan 56% mendukung pengerahan nuklir AS di wilayah Seoul.

Ketika diminta untuk memilih, dua pertiga warga Korsel (67%) lebih menyukai persenjataan buatan dalam negeri, sementara hanya 9% yang mendukung penyebaran nuklir AS.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1277 seconds (0.1#10.140)