Dampak Perang Sudan, Singa di Suaka Margasatwa Kehabisan Makanan

Senin, 24 April 2023 - 09:30 WIB
loading...
Dampak Perang Sudan, Singa di Suaka Margasatwa Kehabisan Makanan
Dampak Perang Sudan, Singa di Suaka Margasatwa Kehabisan Makanan. FOTO/Osman Salih
A A A
KHARTUM - Pertempuran sengit di Sudan , yang telah menjerumuskan negara ke dalam kekacauan dan menewaskan ratusan orang, juga menimbulkan kekhawatiran tentang nasib 25 singa dan hewan lainnya di suaka margasatwa .

Saat ini, fasilitas tersebut tak punya listrik untuk menyalakan pagar pengaman di sekitar kandang dan kehabisan makanan untuk kucing besar, yang masing-masing membutuhkan lima hingga 10 kg daging sehari.



Kekerasan pecah di ibu kota dan di seluruh Sudan pada 15 April antara pasukan yang setia kepada panglima militer Abdel Fattah Al-Burhan dan wakilnya yang menjadi saingannya, Mohamed Hamdan Dagalo, yang memimpin Pasukan Dukungan Cepat (RSF) paramiliter yang kuat.

“Pertama, semoga Allah melindungi Sudan dan rakyat Sudan,” demikian pernyataan Pusat Penyelamatan Satwa Sudan, yang selanjutnya memperingatkan bahwa situasi di suaka juga menjadi “kritis.”

Fasilitas itu juga tidak lagi memiliki kehadiran staf permanen di tempat perlindungan, yang terletak satu jam perjalanan ke tenggara Khartoum, dekat pangkalan militer yang telah diguncang oleh "bentrokan mematikan setiap hari."



Tempat perlindungan ini menampung 25 singa dan berbagai hewan lainnya termasuk rusa, unta, monyet, hyena, dan burung. “Kami berada di bawah tekanan luar biasa karena pemadaman listrik saat ini, dan stok makanan dan minuman kami mulai habis,” sebut pernyataan itu, seperti dikutip dari AP.

Pemadaman listrik telah menjadi “ancaman nyata”, karena fasilitas tersebut bergantung pada listrik untuk peralatan listrik kandang hewan.

"Oleh karena itu, kami memohon kepada semua pejabat dan mereka yang memiliki kemampuan untuk membantu dengan kebutuhan untuk campur tangan sesegera mungkin," tambah pernyataan itu.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1137 seconds (0.1#10.140)