Ditekan Barat, Presiden Uganda Tolak Teken RUU Anti-LGBT

Sabtu, 22 April 2023 - 05:00 WIB
loading...
Ditekan Barat, Presiden Uganda Tolak Teken RUU Anti-LGBT
Ditekan Barat, Presiden Uganda Tolak Teken RUU Anti-LGBT. FOTO/Reuters
A A A
KAMPALA - Presiden Uganda , Yoweri Museveni menolak untuk menandatangani undang-undang baru yang kontroversial melawan homoseksualitas . Museveni mendapat tekanan kuat dari dunia internasional agar menolak mengesahkan RUU itu.

Keputusan Museveni diumumkan pada Kamis (20/4/2023) malam, setelah pertemuan anggota parlemen di partainya yang berkuasa, yang hampir semuanya mendukung RUU yang disetujui oleh anggota parlemen bulan lalu.



Pertemuan tersebut memutuskan untuk mengembalikan RUU tersebut ke majelis nasional “dengan proposal untuk perbaikannya”. Seorang juru bicara kepresidenan mengatakan, Museveni tidak menentang hukuman yang diusulkan dalam RUU itu, tetapi ingin anggota parlemen melihat “masalah rehabilitasi”.

“(Museveni) mengatakan kepada para anggota, bahwa dia tidak keberatan dengan hukuman itu. Namun, pada masalah rehabilitasi orang-orang yang di masa lalu terlibat dalam homoseksualitas, tetapi ingin hidup normal kembali,” kata juru bicara Sandor Walusimbi di Twitter, seperti dikutip dari Al Jazeera.

“Disepakati bahwa RUU itu kembali ke parlemen untuk masalah rehabilitasi untuk dilihat sebelum dia dapat menandatanganinya menjadi undang-undang,” tambah Walusimbi.

Homoseksualitas sudah ilegal di negara Afrika Timur di bawah undang-undang era kolonial yang mengkriminalisasi tindakan seks "melawan tatanan alam". Hukuman untuk pelanggaran itu adalah penjara seumur hidup.



Museveni berada di bawah tekanan komunitas internasional untuk memveto RUU tersebut, yang membutuhkan tanda tangannya untuk menjadi undang-undang.

Amerika Serikat telah memperingatkan konsekuensi ekonomi jika undang-undang itu diberlakukan. Sekelompok pakar PBB menggambarkan RUU itu, jika disahkan, sebagai "pelanggaran hak asasi manusia yang mengerikan".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1178 seconds (0.1#10.140)